page hit counter
Prosedur Klaim Asuransi Mobil Yang Baik dan Benar

Prosedur Klaim Asuransi Mobil Yang Baik dan Benar

Bagi pemiliki kendaraan mobil harus siap menghadapi berbagai macam resiko, dari mobil yang mengalami lecet, rusak bahkan hilang . Oleh karena itu bagi pemilik kendaraan mobil adanya asuransi mobil ini memberikan banyak keuntungan seperti yang mereka butuhkan.

Namun anda harus pandai dan cermat memilih jenis asuransi sesuai kebutuhan dan harus mengetahui proses klaim asuransi yang baik dan benar, jika anda tidak mengetahui prosedur jelasnya bisa jadi klaim yang anda ajukan akan mengalami penolakan sehingga anda harus membayar perbaikan mobil sendiri. Padahal jika anda mengetahui cara dan prosedur klaim yang benar, anda tidak perlu mengeluarkan biaya tersebut karena hal itu menjadi tanggungan asuransi.

Prosedur Klaim Asuransi Mobil Yang Baik dan Benar

Mengetahui dan memahami prosedur klaim asuransi mobil merupakan hal yang sangat penting, untuk itu saya akan berbagi informasi bagaimana cara dan prosedur pengajuan klaim asuransi mobil yang baik dan benar secara bertahap dan menjelaskan hal-hal yang perlu anda perhatikan agar klaim anda disetujui oleh pihak asuransi.

1. Hubungi Pihak Asuransi

Jika terjadi sesuatu pada mobil anda hal pertama yang segera harus anda lakukan adalah menghubungi pihak asuransi. Waktu pelaporan untuk pengajuan klaim maksimal 3 kali 24 jam sejak kejadian terjadi. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saran saya segera melapor ke pihak asuransi secepat mungkin setelah kejadian terjadi.  Pada saat anda menghubungi pihak asuransi, anda akan diminta untuk menjelaskan kronologi dari kejadian yang dialami.

Anda perlu menghubungi pihak asuransi terlebih dahulu sebelum membawa mobil anda yang mengalami kerusakan ke bengkel yang menjadi mitra rekanan pihak asuransi, hal ini dapat mempermudah pihak asuransi untuk melakukan survei. Saat menghubungi pihak asuransi anda juga perlu menyampaikan bahwa berkas data yang diperlukan sedang dalam proses atau sedang disiapkan.

Selain itu anda juga akan diminta untuk mengisi form klaim dengan benar pada saat melakukan pelaporan. Hal ini perlu anda lakukan karena pada umumnya pihak bengkel yang menjadi rekanan pihak asuransi tidak akan melakukan perbaikan sebelum mendapatkan izin atau konfirmasi dari pihak asuransi.

2. Siapkan Berkas Data Yang Diperlukan

Salah satu prosedur yang harus anda lakukan dalam proses pengajuan klaim adalah melengkapi berkas atau data yang dibutuhkan sesuai dengan prosedur. Salah satu data penting yang harus dilengkapi ketika pengajuan kliam adalah bukti kecelakaan. Anda juga dapat menfoto kondisi mobil pada saat kecelakaan jika kondisi ini memungkinkan. Manfaat atau guna foto ini sebagai lampiran bukti untuk mengajukan klaim asuransi. Foto ini bisa jadi menjadi pelengkap keterangan yang membuktikan bahwa mobil anda benar mengalami kecelakaan, selain data yang diberikan dari kepolisian.

3. Memberikan Penjelasan Dari Kronologi Kejadian

Memberikan penjelasan kronologi kejadian dengan benar adalah hal penting, karena berdasarkan penjelasan anda mengenai kronologi kejadian jadi bahan pertimbangan pihak asuransi untuk menyetujui atau tidaknya klaim yang anda ajukan. Hal penting yang harus anda sebutkan dalam memberikan keterangan yaitu dimana lokasi kejadian, waktu terjadinya kejadian, siapa pengemudi mobil saat kecelakaan dan bagaimana kronologis kejadian.

4. Menyerahkan Berkas Dokumen Yang Dibutuhkan Sesuai Prosedur

Pihak asuransi pada dasarnya hanya menerima dua jenis klaim dari pelanggan yaitu kehilangan (pencurian) dan kecelakaan.

Berikut ini berkas dokumen yang harus anda lengkapi ketika mengajukan klaim karena kecelekaan:

  • Form klaim yang sudah diisi dengan benar
  • Fotokopi polis asuransi yang anda miliki
  • Fotokopi SIM dan KTP
  • Surat Keterangan dari kepolisian mengenai kejadian kecelakaan
  • Bukti foto kondisi mobil saat kejadian (sifatnya tambahan)

Berikut ini berkas dokumen yang harus anda lengkapi ketika mengajukan klaim karena kehilangan:

  • Form klaim yang sudah diisi dengan benar
  • Fotokopi SIM, STNK kendaraan, dan KTP
  • Surat keterangan dari kepolisian mengenai kejadian pencurian
  • Surat keterangan pemblokiran STNK

Jaminan asuransi sangat penting dimiliki oleh pemiliki kendaraan mobil karena banyak resiko yang bisa menimpa anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat buat anda.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS