page hit counter
Promosikan Produk Lokal, FKUMKM Sumbawa Barat Dirikan KSB Mall

Promosikan Produk Lokal, FKUMKM Sumbawa Barat Dirikan KSB Mall

TALIWANG, WARTAMATARAM.COM – Guna mendorong daya saing produk-produk dari para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Forum Komunikasi UMKM Kabupaten Sumbawa Barat (FKUMKM-KSB) sebagai organisasi yang menghimpun para pelaku UMKM mendirikan KSB Mall yang beralamat di jalan A. Yani Lingkungan Sebok Kelurahan Dalam Kecamatan Taliwang. Berdirinya KSB Mall ini tidak terlepas dari semangat “Bela Beli Produk Lokal” yang digaungkan oleh para pelaku UMKM di Sumbawa Barat. “Di KSB banyak sekali produk-produk UMKM potensial yang bisa menembus pasar Nasional bahkan pasar Impor, untuk itulah FKUMKM hadir melalui KSB Mall untuk membantu dari sisi produk, pengolahan, hingga pemasaran” kata ketua FKUMKM Kabupaten Sumbawa Barat Nurhayati atau lebih akrab dipanggil Bunda Yati (12/03/2021).

Kehadiran KSB Mall ini disambut fositif oleh jajaran pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), karena selain sebagai pusat pemasaran, KSB Mall juga menjadi rumah distribusi produk lokal Sumbawa Barat sehingga kedepannya produk lokal mampu bersaing dikancah Nasional bahkan Internasional.

KSB MALL merupakan galeri tempat memajang berbagai produk yang dihasilkan pengrajin sehingga dikenal masyarakat luas. Di Kabupaten Sumbawa Barat banyak UMKM yang memproduksi berbagai produk, hanya saja tidak semua UMKM tersebut mempunyai galeri sendiri. Keberadaan KSB Mall ini tentu siap mengakomodir produk-produk UMKM yang belum mempunya galeri itu. Selain itu, KSB Mall juga mengakomodir UMKM yang sudah memiliki galeri untuk dibantu pemasarannya. Di KSB Mall terdapat ratusan produk lokal mulai dari aneka kuliner (makan dan Minuman), aneka souvenir, madu murni asli, minyak Sumbawa asli, dan berbagai macam kerajinan tangan.

Diakui Bunda Yati, sebelum semua produk UMKM bisa dimasukkan di KSB Mall. Ada sejumlah persyaratan produk yang harus dipenuhi oleh pengelola UMKM diantaranya kemasan harus menarik dan sesuai serta memiliki sertifikat Produk Industri Rumah Tanggal (PIRT) “Setiap produk UKMK yang memenuhi persyaratan tentu bisa dipajang di estalase KSB Mall. Tetapi dalam hal ini FKUKM melalui tim KSB Mall bekerjasama dengan pihak terkait siap mendampingi UMKM mitra untuk berbenah menuju UMKM NTEK KELAS (Naik Kelas),” ujarnya.

FKUMKM Sumbawa Barat memalui KSB Mall berkomitmen memasarkan produk-produk lokal Sumbawa Barat untuk laku dipasar lokal dan Nasional sehingga mampu menarik investor  untuk berivestasi di Kabupaten Sumbawa Barat, sehingga kedepannya pelaku UMKM menjadi sejahtera, dan  daerah menjadi lebih berkembang dan maju. (Afrwm)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS