page hit counter
Profil Masjid Az Zikra lokasi Reuni 212: Ada jasa Libya sampai Ustaz Arifin Ilham

Profil Masjid Az Zikra lokasi Reuni 212: Ada jasa Libya sampai Ustaz Arifin Ilham

Masjid Az Zikra lokasi Reuni 212 tahun 2021

Panitia Reuni 212 tahun 2021 memutuskan acara reuni diselenggarakan di Masjid Az-Zikra Sentul Bogor Jawa Barat. Reuni 212 nggak jadi dilaksanakan di Patung Kuda, area sekitar Monas.

Dalam pengumumannya, panitia reuni mengaku sudah berusaha keras mengurus perizinan reuni di Monas dan Patung Kuda. Namun setelah menerima masukan dan saran serta melihat perkembangan sana sini, akhirnya panitia memutuskan Reuni 212 dipusatkan di Masjid Az-Zikra. Nah kalian penasaran nggak dengan Masjid Az-Zikra?

Sejarah Masjid Az Zikra

Masjid Az Zikra ini terkait dengan almarhum Ustaz Arifi Ilham lho. Jadi masjid disebut sebagai masjid binaan Ustaz Arifin Ilham.

Ustaz Arifin Ilham
Ustaz Arifin Ilham. Foto Masjid Az Zikra

Nah dilihat dari sejarah pembangunannya, Masjid Az Zikra ini dibangun dengan biaya total nyaris Rp60 miliar dikutip dari website resminya..

Biaya pembangunan masjid ini sepenuhnya disokong oleh organisasi dakwah Islam internasional bermarkas di Tripoli Libya lho, World Islamic Call Society (WICS). Makanya jangan heran dulunya masjid ini dinamai Masjid Muammar Qaddafy.

Masjid ini diresmikan oleh perwakilan World Islamic Call Society pada 22 Juli 2007 dengan nama Masjid Muammar Qaddafy dan kemudian berubah namanya menjadi Masjid Az Zikra pada 2011.

Dikutip dari laman Masjid Az Zikra, Masjid Az-Zikra berlokasi di Desa Cipambuan, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Berada di dalam komplek perumahan Bukit Az-Zikra, komplek perumahan islami yang digagas oleh pimpinan Majelis Zikir Az-Zikra, Ustadz Muhammad Arifin Ilham.

Pembangunan tahap pertama selesai dikerjakan pada Februari 2009, dibangun di atas lahan seluas 12.600 meter persegi terdiri dari bangunan masjid, convention hall, dilengkapi menara setinggi 57 meter dengan lift dan air mancur. Masjid berlantai tiga ini sanggup menampung 22 ribu jamaah sekaligus.

Keseluruhan biaya pembangunan masjid ini ditanggung oleh World Islamic Call Society [WICS] organisasi dakwah Islam dunia yang berpusat di Tripoli, Libya. Pembangunan tahap pertama menelan biaya sebesar Rp 36,9 miliar. Pembangunan tahap kedua, dianggarkan dana sebesar Rp 23 miliar, untuk membangun taman, area parkir, serta pesantren.

Selain itu, pusat kegiatan umat Islam itu juga dilengkapi dengan payung yang serupa dengan yang ada di Masjid Nabawi Madinah, sebagai tempat tambahan bagi peserta majelis zikir yang tak tertampung di dalam masjid.

Arsitektur masjid

Arsitektur masjid ini memadukan karakter universal arsitektur islam dengan ciri arsitektur lokal Tropis. Elemen karakter universal arsitektur Islam ditandai dengan adanya kubah, portal, lengkung, minaret, ornamen bintang delapan dan kaligrafi.

Masjid Az Zikra
Masjid Az Zikra. Foto Masjid Az Zikra

Sementara karakter atap tajuk piramida, emperan besar, empat tiang penyangga keliling menjadi ciri lokal kehadiran arsitektur Tropis.

Area masjid terdiri dari 3 bangunan utama dengan luas keseluruhan bangunannya 12.600 m2. Terdapat sebuah menara di sisi Utara Masjid yang tingginya 57 meter. Tiga bangunan utama terdiri dari bangunan terbesar di tengah dan sepasang bangunan serambi yang mengapit bangunan utama.

Peruntukan bangunan utama, selain untuk sholat dan zikir bersama, juga ada bagian untuk kantor sekretariat rumah tangga Masjid, fasilitas pemuliaan jenazah dan perpustakaan. Di bangunan utama dan di bangunan tambahannya, bisa menampung sekitar 6.700 jamaah shalat dan 10.400 jamaah zikir.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS