page hit counter

PPKM Diperketat, Ini Aturan Lengkap PPKM Level 4 di Jakarta

Aturan PPKM kini mulai diperketat untuk membatasi pergerakan masyarakat setempat yang dapat menyebabkan penyebaran virus Covid-19 semakin menyebar. Meskipun sebelumnya PPKM direncanakan untuk berakhir tepat pada tanggal 20 Juli. Namun, saat ini diperpanjang hingga 25 Juli 2021. 

Presiden Jokowi menyatakan relaksasi penerapan PPKM Darurat hanya dapat dilakukan ketika kasus dan angka kematian COVID-19 berangsur berkurang. Sehingga, ini seharusnya menjadi informasi yang penting bagi Sobat Carsome tetap menjaga protokol kesehatan. Nah, untuk itu ini dia rangkuman dari Carsome mengenai panduan dan aturan selama PPKM Level 4 ini. Yuk, simak perbedaannya dengan level 3 dan PPKM darurat lainnya!  

Aturan Lengkap PPKM Level 4 di Jakarta!

 

aturan-ppkm-level-4-diperketat

1. WfH 100% untuk Sektor Non-Esensial

Sektor non-esensial disarankan untuk tetap menerapkan WFH 100% hingga jangka waktu yang ditentukan. Seluruh transaksi sementara ini wajib dialihkan dengan menggunakan online. Sebelumnya pada PPKM darurat sektor esensial menerapkan WFO 75%. 

Pemanfaatan sistem teknologi harusnya menjadi model penyederhanaan proses bisnis dan operasional. Sama halnya dengan Carsome, disaat pandemi seperti ini memfokuskan semua transaksi dilakukan terstruktur secara online dan tetap transparan. 

2. WFO 50% dan 100% untuk Sektor Esensial & Wajib Prokes 

Adapun sektor esensial yang dimaksudkan adalah sektor perekonomian, sektor energi, kesehatan, keamanan, logistik, transportasi, industri makanan, minuman, penunjangnya, petrokimia hingga semen. Sebelumnya pada PPKM darurat ni penerapan WFO 25%-50% saja.

Sektor WFO esensial 50% yang diberlakukan pada Keuangan dan Perbankan, Pasar Modal, Sistem Pembayaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Perhotelan dan Penanganan Karantina COVID-19 dan Industri orientasi ekspor. 

Sektor WFO esensial 100% diberlakukan pada Energi, Kesehatan, Keamanan, Logistik & Transportasi, Industri Makanan, Petrokimia, Semen, Objek Vital Nasional, Penanganan Bencana, Proyek Strategis Nasional, Konstruksi,  Utilitas Dasar listrik dan air hingga Industri Pemenuhan Kebutuhan Pokok Masyarakat sehari-hari. Semua sektor ini diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Demi menjaga keamanan ada baiknya jika Sobat Carsome melakukan vaksinasi agar tetap dapat terjaga. 

3. Kegiatan Belajar Online 

Hingga saat ini kegiatan belajar diwajibkan untuk berlangsung secara online khususnya untuk Anda yang ada dalam wilayah Jawa-Bali. Hal yang dapat dilakukan saat ini sebagai bentuk pencegahannya adalah melakukan vaksin bagi anak yang sudah diatas umur 12 tahun. Tidak ada perubahan sejak awal, pemerintah memfokuskan siswa untuk tetap melakukan pembelajaran secara online. 

4. Pembatasan Operasional Toko/Kafe/Warung/Pedagang Kaki Lima

Operasional toko pada umumnya seperti kelontong dan toko lainnya yang tadinya dapat dibuka hingga pukul 17.00 WIB dengan kapasitas pengunjung yang diperbolehkan adalah hanya 25%. Saat ini diwajibkan untuk melayani pesan antar saja. 

5. Pusat Perbelanjaan Tutup Sementara 

Pusat perbelanjaan dalam hal ini seperti mal hingga tempat rekreasi sampai saat ini belum diperkenankan untuk dibuka. Sehingga seluruh mall dipastikan tetap tutup sampai jangka waktu yang ditetapkan untuk dibuka secara berjangka dan perlahan. Sebelumnya penerapan pada PPKM darurat hanya mengizinkan 25% toko terbuka hingga jam 17.00 WIB. 

6. Layanan Take Away untuk Pemilik Rumah Makan & Restoran 

Take Away adalah salah satu solusi yang sangat memudahkan Anda di masa pandemi saa ini. Namun, tetap perhatikan bahwa droplet adalah cairan yang tidak terkendalikan. Sehingga  ketika bepergian, hendaklah menaati protokol kesehatan dengan baik dan saling menjaga jarak. 

Bacaan Terkait: 8 Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Saat Pandemi Refinancing Mobil Kredit: Cara, Kelebihan, Kekurangan & Manfaat Cara Over Kredit Mobil yang Aman Untuk Pembeli dan Penjual

7. Pekerjaan Proyek Dapat Beroperasi 100% 

Sektor kritikal yaitu proyek wajib beroperasi 100% WFO. Sehingga bagi Sobat Carsome yang wajib masuk setiap harinya. Tetaplah berjaga jarak dan memastikan Anda menggunakan perlengkapan keselamatan saat bekerja dengan baik dan menaati protokol kesehatan 

8. Tempat Ibadah Sementara Tutup 

Untuk sementara kunjungan dan ibadah ditiadakan untuk sementara. Hal ini dilakukan untuk menghindari masyarakat dari kerumunan. Ini dilakukan untuk menekan angka kasus harian yang semakin meningkat. 

9. Fasilitas Umum Tutup

Aturan PPKM level 4 ini menghimbau untuk menutup fasilitas umum seperti  area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya. Pemerintah menyatakan akan diadakan sanksi kepada para pelanggar yaitu penjara selama 1 tahun 4 bulan atau sanksi denda sebesar Rp 400 ribu menurut Pasal 212 KUHP. 

10. Kegiatan Sosial dan Budaya Ditiadakan 

Tentu saja jika fasilitas umum sudah ditutup jelas ketersediaan berbagai kegiatan sosial hingga budaya ditiadakan. Berbagai hal yang memicu terjadinya kerumunan sebaiknya Sobat Carsome mencegah untuk mendatanginya, ya! 

11. Penumpang Dibatasi Kendaraan Online dan Konvensional maksimal 70% 

Jika Sobat Carsome terpaksa harus masuk kerja, maka sebaiknya Anda memperhatikan jenis kendaraan umum yang akan digunakan. Sesuai aturan baru bahwa kendaraan umum wajib membawa penumpang maksimal 70%. Dengan kapasitas ini tentu saja ada baiknya jika Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. 

12. Pernikahan dan Acara Maksimal 30 orang 

Jika berniat untuk mengadakan acara penting, maka Anda wajib melakukan SWAB Antigen yang berlaku 1×24 jam sebelum acara akad diadakan. Akad nikah yang diselenggarakan di KUA kecamatan atau di rumah wajib dihadiri maksimal 6 orang.  Sedangkan akad nikah yang dilakukan di gedung, paling tidak 20% pengunjung atau setara dengan 30 orang. Anda juga harus mengurus dan menandatangani persyaratan pernikahan yang menaati protokol kesehatan bermaterai. 

13. Transportasi Jarak Jauh Wajib Memperlihatkan Kartu Vaksin, H-1 Antigen 

Perhatikan transportasi jarak jauh diwajibkan untuk memiliki kartu vaksin, ini menandakan bahwa Anda sudah melakukan vaksin. Tidak hanya itu, Anda juga perlu membawa pernyataan dan hasil tes negatif H-1 Antigen.

14. Tes PCR H-2 Jika Bepergian dengan Pesawat 

Bepergian ke luar daerah agar tidak membawa virus, Anda wajib melakukan PCR test dan menyertakannya sebagai bukti Anda terbebas dari Covid-19. Biasanya PCR dapat digunakan 2×24 jam. Namun ada baiknya memperhatikan dengan baik, ya! 

15. Taat Protokol Kesehatan. 

Menaati protokol kesehatan adalah keharusan, gunakan masker yang tepat dan hindari kerumunan. Jika memungkinkan bagi Sobat Carsome untuk melakukan vaksin, maka lakukanlah untuk mencegah terjadinya penyebaran yang parah pada tubuh Anda. 

Tips Aman Bepergian Selama PPKM Level 4

 

ppkm-level-4-protokol-kesehatan

Aturan PPKM level 4 tentu diberlakukan untuk menekan kasus COVID-19 di Indonesia. Penerapan protokol kesehatan wajib secara sadar dilakukan. Untuk Anda yang terpaksa harus bepergian ke luar rumah dengan jarak yang jauh. 

Mengutip apa yang dikatakan oleh CDC (Centre For Disease Control) yang berpusat di Amerika mengatakan bahwa pentingnya memperhatikan kadar udara dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Berhubung virus ini kerap berdiferensiasi dan tidak mudah dihindari. Nah, ini dia saran dari Carsome yang dapat Anda lakukan! 

1. Siapkan Disinfektan & Sabun Cuci Tangan 

Ingat untuk selalu menyiapkan disinfektan, baik yang akan digunakan secara pribadi maupun desinfektan untuk keperluan umum. Selalu semprot diri Anda dan keluarga ketika usai bepergian dari luar. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke dalam rumah. 

2. Gunakan Kendaraan Pribadi 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh CDC, penyebaran virus COVID-19 ini dapat juga terjadi di ruang terbuka. Seperti area permukaan benda-benda dan juga melalui udara. Dipercaya bahwa virus Covid dapat bertahan kisaran 1 hari. Sehingga, alasan menggunakan masker dan kendaraan pribadi adalah hal yang tepat untuk melindungi diri Anda dari bahaya paparan Covid-19.  Siap sediakan maps dan mengaktifkan tombol traffic untuk membantu Anda terhindar dari kemacetan akibat PPKM. Untuk Anda yang hendak bepergian, pastikan untuk mengecek titik dan lokasi PPKM Jawa-Bali.

3. Hindari Ruangan Sedikit Ventilasi

Ventilasi adalah hal yang sangat penting saat ini, hindari berkunjung atau terlalu lama berada di dalam ruangan yang minim ventilasi. WHO menyatakan resiko terpapar di ruangan yang sempit tentu sangat besar apalagi jika keadaan setempat sangat ramai. 

4. Fasilitas Toilet Umum 

Hati-hati menggunakan semua yang sifatnya umum dan digunakan bersama-sama. Tetap gunakan masker dan membawa desinfektan lalu mencuci tangan dengan bersih paling tidak selama 20 detik. Pastikan menutup toilet sebelum menyiram feses, hal ini dikarenakan partikel feses dapat menyebar sekitar 1 meter dari toilet. 

5. Jaga Jarak Aman

Tetap jaga jarak aman paling tidak sejauh 1,8 meter dari lawan bicara Anda. Ini sangat efektif untuk menjauhi adanya droplet yang terjatuh dan mengenai Anda. Usahakan untuk selalu menggunakan semua fasilitas pribadi. Sehingga, pemaparan virus melalui komponen dapat terhindar dan tidak berpotensi untuk saling menularkan. 

6. Pakai dan Buang Masker dengan Benar

Tidak hanya memakai masker dengan benar saja untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Namun, membuang masker juga wajib dilakukan dengan benar dan pada tempat yang benar. Sebelum membuang masker sekali pakai dengan merobeknya agar tidak didaur ulang. Jangan lupa membuangnya pada tempat sampah yang tertutup. Setelah membuang pastikan mencuci tangan dan menyemprotkan disinfektan. Jika Anda terkena virus Covid-19 pastikan menyemprot desinfektan sebelum merobek dan membuangnya.

Carsome Diskon Mobil Bekas!

 

beli-mobil-bekas-berkualitas-carsome-di-tokopedia

Beli mobil bekas berkualitas Carsome dapat Anda lakukan secara online melalui marketplace. Saat ini kemudahan bertransaksi tentu menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia. Carsome berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan tentunya mobil yang berkualitas untuk Anda. Semua mobil yang dijual oleh Carsome telah melalui 175 titik proses inspeksi tanpa mengabaikan proses penerapan protokol kesehatan yang tepat.

Baca juga:  Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas yang Wajib Diperhatikan!

The post PPKM Diperketat, Ini Aturan Lengkap PPKM Level 4 di Jakarta appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS