page hit counter

Polres Usulkan Pemasangan CCTV di Titik Rawan

BIMA-Polres Bima mengusulkan pemasangan Closed-Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik rawan. Selain mempermudah penyelidikan kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas), kamera CCTV juga berfungsi untuk memantau aksi kejahatan. ’’Apalagi belakangan ini kerap terjadi kasus penjabretan maupun curanmor,” kata Kanit Gakum Satlantas Polres Bima Ipda Fedy Miharja,(14/9/2021).

Sejumlah titik yang perlu dipasangi CCTV yakni di tikungan Muku, Desa Sanolo dan pertigaan cabang Donggo, Kecamatan Bolo. Lalu di perempatan Desa Talabiu dan sekitar jalur menuju ke Desa Tente, Kecamatan Woha. “Empat titik tersebut sering terjadi Lakalantas dan penjabretan. Baik siang maupun malam hari,” ujarnya.

Keberadaan CCTV, menurut dia, tentu sangat membantu kerja kepolisian. Ketika terjadi kecelakaan atau kasus kejahatan lain, tinggal mengambil file yang terekam di CCTV sebagai bahan penyelidikan.

Selama ini, penyelidikan kasus kecelakaan hanya mengandalkan keterangan saksi dan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). ’’Berbeda kalau ada bukti rekaman CCTV, kita bisa lihat kronologis kejadiannya melalui video,” katanya.

Mengenai pengadaan CCTV, bapak dua anak ini mengaku sudah bersurat ke Pemerintah Daerah (Pemda). Bahkan, sudah dijanjikan. Namun gagal, karena anggaran sudah dipangkas untuk penanganan Covid-19.

“Sudah dijanjikan kembali, tapi sampai saat ini belum direalisasikan,”terangnya.

Selain ke Pemda, pihaknya juga sudah menyampaikan pengadaan CCTV saat rapat bersama Kasatlantas dan Kanit Gakum se NTB di Polda, Jum’at pekan lalu. Pihak Polda siap membantu pengadaan CCTV, dengan meminta bantu pada pihak ketiga. “Mudah-mudahan bisa dibantu,” harapnya. (jul/r8)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS