page hit counter
Pesan Habib Hasan: Cucu nabi mestinya berakhlak baik, bukan malah kasar

Pesan Habib Hasan: Cucu nabi mestinya berakhlak baik, bukan malah kasar

Habib Hasan Mulachela

Sebelum meninggal dunia, Habib Hasan Mulachela sempat menyampaikan pesan penting untuk para zuriah atau keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia. Dia mengatakan, jika benar memiliki hubungan darah dengan Rasulullah, maka bersikaplah lemah lembut kepada siapapun.

Habib Hasan yang merupakan tokoh agama terpandang di Solo, Jawa Tengah mengingatkan, ilmu merupakan hal penting yang harus didalami para keturunan nabi. Namun, kata dia, akhlak dan kepribadian baik tak boleh ditinggalkan.

“Justru kalau cucu Kanjeng Rasul itu, akhlaknya harus baik. Jadi, utamakan akhlak, baru kemudian ilmu,” ujar Habib Hasan pada pernyataan yang disampaikan akhir tahun lalu, dikutip Hops dari Suara, Senin 29 November 2021.

Habib Bahar bin Smith. Foto: Instagram
Habib Bahar bin Smith. Foto: Instagram

Itulah mengapa, dia mengaku kecewa setiap kali melihat ada zuriah nabi yang bicara kasar dan berlaku semena-mena. Padahal, Rasulullah selalu mengingatkan untuk menjauhi tindakan tersebut.

Dia menyarankan, saat mengadakan Maulid Nabi, semangat kebaikan yang selalu ditampilkan Nabi Muhammad sebaiknya dihidupkan kembali. Tujuannya supaya orang-orang—terutama umat Islam—tak lupa dengan pentingnya akhlak kepada sesama manusia.

“Dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad seharusnya mencontohkan akhlak beliau. Tutur yang menyejukkan, bukan melontarkan kata-kata kotor (kasar),” tuturnya.

Habib yang baik di mata Habib Hasan Mulachela

Habib yang terkenal dengan aksi sosialnya tersebut juga menyampaikan prinsip keyakinannya tentang teladan Nabi Muhammad dalam menyikapi musuhnya.

Nabi, lanjut dia, justru memberikan makan bagi orang yang menganggapnya musuh ketika kelaparan. Bahkan menyuapinya meski selalu dihina dan dihujat. Sehingga, akhirnya orang tersebut menyadari teladan sang nabi.

Habib Rizieq Shihab. Foto: Ist.
Habib Rizieq Shihab. Foto: Ist.

Berkaca dari kenyataan tersebut, Habib Hasan mengingatkan, gelar ‘habib’ yang tersemat di depan nama seseorang sebaiknya tak membuat dia keras hati dan besar kepala.

“Janganlah kamu memanggil dengan gelar yang buruk. Ini jelas disampaikan di kitab Al Quran, Al Hujuraat ayat 11 banyak disampaikan,” kata Habib Hasan Mulachela.

Diketahui, meski sudah berlalu hampir setahun, namun pesan tersebut bisa menjadi rujukan untuk kehidupan di masa sekarang. Habib Hasan sendiri berpulang ke rumah Allah pada 12 Maret 2021 lalu setelah mengalami serangan jantung.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS