page hit counter

Pertumbuhan 3,5 Persen Sesuai Ekspektasi Pengusaha

Ekonomi Indonesia tumbuh 3,51 persen pada kuartal III 2021. Kalangan pelaku usaha menilai bahwa pertumbuhan tersebut patut diapresiasi meski terlihat kecil. Pengusaha berharap tren positif dapat terjaga dan diproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di level 5–5,5 persen pada kuartal IV 2021.

”Kalau melihat kondisi pandemi di sepanjang Q3 2021, kita perlu bersyukur masih bisa tumbuh 3,5 persen year-on-year. Sebetulnya tingkat pertumbuhan masih sesuai harapan,” ujar Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani kemarin (6/11).

Di satu sisi, lanjut Shinta, pengusaha melihat pertumbuhan Q3 2021 yang moderat sebagai suatu kewajaran. Sebab, pada Q3 tahun lalu, Indonesia punya basis perbandingan yang rendah. Kebijakan pandemi pun kini jauh lebih kondusif jika dibandingkan dengan kegiatan Q3 tahun lalu. ”Jadi, cukup wajar bila pertumbuhannya positif, tetapi modest. Kalau tidak ada pandemi, seharusnya kita bisa tumbuh lebih tinggi,” tambah Shinta.

Menurut dia, pertumbuhan tersebut dimotori dorongan ekspor komoditas. Selain itu, harga komoditas di pasar global naik signifikan. Dari sisi impor, peningkatan QtQ paling tinggi terjadi di impor konsumsi. Impor bahan baku dan penolong justru terkontraksi tipis. Hal tersebut mengindikasikan penurunan produktivitas industri jika dibandingkan dengan Q2 2021. ”Jadi, jelas kita tidak bisa mengatakan pertumbuhan neto di sektor riil sudah positif dengan tingkat pertumbuhan ini. Yang kami lihat justru momentum rebound atau pemulihan ekonominya terdisrupsi di Q3 karena pandemi,” urainya. (jpg)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS