counter hit make

Permainan Tradisional Menjadi Pembuka Festival Mataram 2019

Warta Mataram – Festival Mataram 2019 yang digelar pada tanggal 26 November hingga 3 Desember 2019 ini diawali dengan perlombaan dan eksebisi permainan tradisional. Permainan Tradisional ini berlangsung dari tanggal 26 – 27 November 2019 bertempat di Lapangan Sangkareang, Kota Mataram.

Pada Festival Permainan Tradisional ini, ada dua permainan yang dilombakan yaitu Selodor dan Terompa Raksasa yang diikuti oleh berbagai sekolah di Kota Mataram. Sementara itu beberapa permainan tradisional lainnya seperti Peledokan (mainan dari bambu), Bola Bekel dan Congklak ditampilkan dalam eksebisi dan tidak dilombakan sehingga para pengunjung yang datang dapat mencoba bermain.

Selain sebagai pertunjukan, perlombaan dan juga eksebisi permainan tradisional ini juga dijadikan sebagai ajang untuk melestarikan sekaligus edukasi permainan tradisional kepada generasi milenial saat ini. Walaupun bisa dikatakan permainan tradisional ini sudah langka saat ini, namun antusiasme para pengunjung dapat terlihat, entah karena penasaran atau ingin bernostalgia terhadap permainan yang pernah ngetrend di zamannya.

“Ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan permainan tradisional khususnya yang ada di Lombok”, kata Fatin Afifah dari pihak Event Organizer.

Selain permainan tradisional, ada beberapa rangkaian acara yang mengisi Festival Mataram 2019 kali ini, diantaranya Art, Craft & Food Festival, Pagelaran Seni & Budaya, serta Parade Seni & Budaya. Festival Mataram sendiri adalah event tahunan Kota Mataram yang digelar setiap tahunnya.