page hit counter
Perketat Pintu Masuk, Lombok Timur Antisipasi Covid Varian Baru

Perketat Pintu Masuk, Lombok Timur Antisipasi Covid Varian Baru

SELONG-Satgas penanganan Covid-19 Lotim berupaya agar varian baru Covid-19 tidak menyebar di Gumi Patuh Karya. Apalagi setelah adanya rilis terbaru mengenai kasus positif Covid-19 varian delta.

“Saat ini warga yang telah terkonfirmasi positif varian delta berasal dari Mataram, Sumbawa, dan Dompu,” kata Sekretaris Satgas Covid-19 Lotim HM Juaini Taofik pada Lombok Post, kemarin (9/7).

Langkah yang mesti dilakukan adalah dengan memperkuat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di tingkat pemerintah desa. Kata Taofik, melalui kecamatan, pihaknya telah meminta kepada pemerintah desa agar lebih aktif mendata warga yang diketahui melakukan perjalanan ke luar daerah. “Tidak hanya di luar Lombok atau NTB, tapi juga wilayah di luar Lotim,” tegasnya.

Begitu warga yang diketahui sudah melakukan perjalanan mengalami gejala, maka yang bersangkutan bisa di isolasi mandiri. Dalam hal ini, yang digunakan adalah rumah isolasi berbasis RT. “Sambil menunggu hasil swab dan tracking. Sehingga kita bisa mencegah penyebarannya,” terang Taofik.

Selain itu, disiplin penerapan protokol kesehatan juga mesti terus digalakkan. Proses vaksinasi untuk mewujudkan herd immunity juga menjadi harapan baru dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Untuk ini, pak bupati juga sudah menegaskan lokasi vaksin agar tidak terjadi kerumunan dan mengganggu pelayanan publik,” ujarnya.

Warga Lotim yang terkonfirmasi positif sampai saat ini berjumlah 12 orang. Enam diantaranya merupakan warga beridentitas Lotim namun berdomisili di luar Lotim. Dengan jumlah tersebut, Lotim menjadi daerah dengan angka kasus positif terendah dari 10 kabupaten/kota di NTB.

Direktur RSUD dr Raden Soedjono Selong dr M Tantowi Jauhari menjelaskan, dari ketersediaan 100 tempat tidur pasien Covid-19, yang terisi dalam beberapa bulan terakhir selalu di bawah 15 persen. Pihaknya juga telah menyediakan ruangan khusus ICU Covid-19, peralatan, obat-obatan, dan juga oksigen.

“Sampai saat ini memang belum ada kasus covid-19 varian baru yang kita rawat,” jelas Tantowi. (tih/r5)

 

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS