page hit counter
Perjuangan Ki Hajar Dewantara hingga lahirkan kata-kata bijak memotivasi

Perjuangan Ki Hajar Dewantara hingga lahirkan kata-kata bijak memotivasi

Ki Hajar Dewantara. Foto: Pinterest

Pejuang pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara atau dalam ejaan lama Ki Hadjar Dewantara adalah sosok yang menginspirasi. Perjuangannya memberikan dampak besar terutama untuk pendidikan hingga melahirkan kata-kata bijak yang memotivasi.

Seperti diketahui, setiap tanggal 2 Mei warga Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Tanggal tersebut diambil dari tanggal lahir Soewardi Soejaningrat alias Ki Hajar Dewantara.

Kontribusinya tak perlu diragukan lagi, semboyan pendidikan Indonesia bahkan diambil dari pernyataan beliau. “Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri Handayani.”

Logo Tut Wuri Handayani. Foto: Kompas
Logo Tut Wuri Handayani. Foto: Kompas

Tidak hanya pernyataannya yang menjadi semboyan pendidikan Indonesia, ia juga mempunyai fakta menarik lainnya. Ki Hajar adalah seorang wartawan di beberapa surat kabar seperti De Express, Utusan Hindia, dan Kaum Muda.

Pekerjaannya itu yang menjadi jalan untuk Ki Hajar mengkritisi pendidikan yang tidak setara antara pribumi Indonesia dan penduduk kolonial Belanda di zaman penjajahan.

Namun, perjuangannya itu tak membuat pihak Belanda simpati hingga akhirnya harus diasingkan. Ia diasingkan bersama dua rekan yang akhirnya dikenal sebagai 3 serangkai dengannya yaitu Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangoenkoesoemo.

Pendopo museum Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta. Foto: Kemdikbud
Pendopo museum Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta. Foto: Kemdikbud

Pasca pengasingan dan kembali ke Indonesia, semangat juang Ki Hajar semakin membara hingga berhasil mendirikan lembaga pendidikan National Onderwijs Instituut Tamansiswa atau Perguruan Nasional Tamansiswa.

Kata-kata bijak Ki Hajar Dewantara

Perjuangannya tersebut melahirkan kata-kata bijak yang dapat memotivasi masyarakat Indonesia dalam mengenyam pendidikan. Diambil dari berbagai sumber termasuk jaringan Hops, Suara, berikut kata-kata bijak dari Ki Hajar yang dapat membangkitkan semangat belajar.

1. Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.

2. Orang yang mempunyai kecerdasan budi pekerti itu senantiasa memikirkan dan merasakan serta selalu memakai ukuran, timbangan dan dasar-dasar yang pasti dan tetap.

3. Percaya, tegas, penuh ilmu hingga matang jiwanya, serta percaya diri, tidak mudah takut, tabah menghadapi rintangan apapun.

4. Guru adalah seorang pejuang tulus tanpa tanda jasa mencerdaskan bangsa.

Siswi belajar di Madrasah
Seorang guru sedang mengajar di madrasah. Foto: Republika

5. Dengan ilmu kita menuju keilmuan. Ilmu tak melulu soal angka, tapi bekal dalam hidup.

6. Kalau suatu ketika ada orang meminta pendapatmu, apakah Ki Hajar Dewantara itu seorang nasionalis, radikalis, sosialis, demokrat, humanis, ataukah tradisionalis, maka katakanlah bahwaaku hanyalah orang Indonesia biasa saja yang bekerja untuk bangsa Indonesia dengan cara Indonesia.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS