page hit counter
Penuh dengan Unsur Historis, Begini Sisi Lain Pantai Loang Baloq

Penuh dengan Unsur Historis, Begini Sisi Lain Pantai Loang Baloq

Seperti kepercayaan masyarakat di Indonesia, makam makam keramat atau makam makam Wali dan Ulama biasanya menjadi lokasi yang dikeramatkan atau dirasakan mistis. Jika makam atau kuburan itu adalahmakam seorang tokoh familiar atau berpengaruh, maka sudah dijamin hampir 60% bakal menjadi destinasi wisata religi dan wisata sejarah. Di Lombok, Makam Loang Baloq dan Makam PPH Van Ham ialah dua makam diantara sejumlah makam familiar di Lombok NTB. Namun begitu, dua area wisata religi dan sejarah ini malah mempunyai latar belakang / cerita yang tidak banyak bertolak belakang.

Makam Loang Baloq, berasal dari kata dalam bahasa Sasak Lombok yang berarti Lubang Buaya. Ya, lokasi ini memang ditumbuhi suatu pohon beringin yang memili lubang lokasi berdiam dirinya sang Buaya yang konon informasinya berumur ratusan tahun. Makam Loang Baloq ialah kawasan pemakaman yang didalamnya ada puluhan jasad. Keistimewaan Makam Loang baloq ini ialah 3 makam istimewa yaitu makam Ulama Maulana Syekh Gaus Aburrazak, Makam Anak Yatim dan Makan Datuk Laut.

Merasakan hembusan angin di ambang pantai dan menikamati kemilau liuk air laut dari balik saung. diperbanyak dengan daya tarik fajar yang menyembul dan pulang ke peraduan, menciptakan hati tidak jarang kali berdesir tatkala merasakan keindahan Pantai Loang Baloq.Pantai Loang Baloq ialah sebuah pantai pasir putih yang sedang di kota mataram. Meskipun tergolong lokasi wisata yang bersih, cuaca di pantai ini tergolong lumayan terik. Sebagai gantinya Kalian dapat merasakan keindahan pantai dari saung saung di taman Loang Baloq yang tepat sedang di bibir Pantai Loang Baloq Lombok.

Dari taman Loang Baloq Kalian dapat merasakan dengan leluasa matahari keluar dan tenggelam serta siluetnya yang terlukis di permukaan air pantai baloq. Tak melulu itu, taman Loang Baloq pun dilengkapi dengan suatu danau produksi dengan format menyerupai pulau lombok. Wahana air di taman Loang Baloq pun tebilang lengkap. Dengan adanya taman Loang Baloq, Kalian tak perlu cemas untuk menyuruh buah hati berlibur ke pantai Loang Baloq. Pasalnya taman Loang Baloq meluangkan ruang khusus untuk anak anak yang nyaman dan nyaman.

Masih di area Pantai Loang Baloq, Kalian pun dapat mengejar makam keramat yang dinamakan sebagai makam Loang Baloq. Komplek pemakaman ini terdiri dari 3 makam, yakni makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak, datuk laut dan anak yatim. Komplek pemakaman ini bakal ramai peziarah ketika idul fitri dan akan menjangkau puncaknya pada ketika lebaran ketupat (tanggal 6 syawal). Saat lebaran ketupat dan peziarah sedang menjangkau puncaknya, area Pantai Loang Baloq bakal disulap menjadi lokasi pertunjukan, Kalian bakal disuguhi dengan sejumlah tenda, panggung rakyat dan pun pedagang dadakan. Pada ketika yang bertepatan dengan lebaran ketupat laksana ini Kalian dapat menonton pesta rakyat, pagelaran budaya, tumpeng ketupat raksasa, serta berbagai macam lomba unik seperti lomba pukul bedug, adu cepat menciptakan ketupat dan yang sangat menarik ialah lomba tangkap bebek di lautan lepas.

Bagi kalian yang hendak berlibur ke area Pantai Loang Baloq ini tidak perlu cemas kelaparan. Hal ini karena di dekat kawasan Pantai ini terdapat tidak sedikit penjual makanan. Mulai dari ragam hidangan seafood sampai jajanan khas mataram. Harganya pun lumayan terjangkau. Akses mengarah ke ke area Pantai Loang Baloq ini lumayan mudah. Jika dari pusat kota Mataram Kalian dapat langsung mengarah ke Jalan Lingkar Selatan, ikuti saja jalan utama maka Kalian akan mengejar Pantai Loang Baloq ini. Jarak dari pusat kota mengarah ke ke pantai melulu 3 km. Untuk menjangkau Pantai Loang Baloq di Lombok ini Kalian dapat menggunakan tranportasi umum maupun pribadi, baik roda dua maupun empat. Jika Kalian memakai transportasi umum, bisa naik angkutan kota, taxi atau ojek dari kota Mataram.

CATEGORIES
TAGS
Share This