page hit counter
Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO

Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO

Ketika membuat sebuah website/situs, pengaruh ekstensi domain terhadap SEO cukup signifikan. Oleh sebab itu, penting untuk memilih domain SEO yang baik.

Domain adalah alamat sebuah website sedangkan ekstensi domain merupakan akhiran dari nama tersebut.

Contohnya google.com, kata “google” disini adalah nama domainnya sedangkan “.com” sebagai ekstensinya.

Memilih domain SEO dan ekstensinya sangat penting sebelum Anda membuka situs. Hal ini karena keduanya berdampak kepada SEO. Berikut penjabarannya. Mari kita simak bersama!

Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO

Ekstensi domain sebenarnya tidak berdampak langsung terhadap SEO. Meskipun ekstensi domain memiliki sedikit signifikansi terhadap SEO, tapi ada efek psikologis manusia yang tidak dapat diabaikan.

Pengaruh ekstensi domain terhadap SEO yaitu sebagai berikut:

  1. Mempengaruhi Peringkat Situs, Khususnya ccTLD

Country Code Top-Level Domain (ccTLD) adalah domain yang memiliki ekstensi yang sesuai dengan kode negara, contohnya seperti, .us (untuk amerika), .ca (untuk kanada), .id (untuk Indonesia).

Ekstensi domain ini akan secara signifikan mempengaruhi peringkat situs web Anda pada tingkat pencarian berdasarkan geografis.

Misalnya, jika Anda memiliki ekstensi domain .id dan pengguna menelusuri situs web Anda dari kota Jakarta, maka situs web Anda akan diberikan penempatan yang lebih tinggi.

Ekstensi negara dapat menjadi pilihan cerdas jika Anda mengembangkan bisnis hanya di negara tertentu. Ini dapat mendukung strategi SEO Anda.

  1. Mempengaruhi CTR (Click Through Ratio)

Orang-orang memandang situs secara berbeda tergantung pada ekstensi domainnya. Hal ini karena pengaruh psikologis mereka.

Beberapa ekstensi dapat dilihat sebagai ekstensi yang berisi spam, dan beberapa lainnya akan dianggap sebagai referensi atau akan lebih mudah diingat. Anda dalam hal ini tidak boleh meremehkan kebiasaan navigasi seseorang.

Misalnya, nama domain yang ekstensinya kurang populer seperti: .cfm .photo, .coffe, secara tidak langsung membuat pengunjung kurang tertarik sehingga akan mendapatkan CTR lebih rendah.

  1. Meningkatkan Branding

Google telah menyatakan bahwa ekstensi domain baru tidak akan lebih unggul peringkatnya dibandingkan domain yang sudah populer seperti .com atau .org.

Berdasarkan studi Moz juga menunjukkan bahwa ekstensi .org bekerja lebih baik daripada ekstensi seperti .edu atau .biz serta sedikit lebih unggul dari .com.

Ini menunjukkan bahwa dari segi optimasi mesin pencari, ekstensi domain yang umum tersebut lebih mudah mendapatkan rangking karena pengguna sudah mengetahui kredibilitas dari ekstensi domain tersebut.

  1. Mudah Ditemukan dengan Voice Search

Diketahui, saat ini sudah ada teknologi voice search (penelusuran suara) dimana pengguna dapat mencari situs yang diinginkan hanya melalui suara (lisan).

Jika menggunakan ekstensi yang populer dan mudah di lafalkan, ini membantu untuk memudahkan mesin pencari untuk pergi ke situs sehingga Anda dapat memenangkan persaingan.

Pengaruh Nama Domain Terhadap SEO

Untuk memaksimalkan manfaat SEO, selain ekstensi, nama domain juga harus benar-benar diperhatikan.

Pengaruh nama domain terhadap SEO memungkinkan bisnis Anda menjadi dapat dikenali.

Memilih domain SEO bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya membuat dengan nama simple.

Buatlah ejaan sesederhana mungkin. Semakin mudah diucapkan semakin baik.

Pengaruh nama domain terhadap SEO berkaitan dengan branding situs Anda.

Jika pengguna menelusuri bisnis Anda, Anda ingin mereka dengan mudah membuat sambungan ke situs web Anda.

Semakin mudah pengguna mengunjungi situs, semakin besar kemungkinan mereka kembali untuk penelusuran atau belanja lebih lanjut.

Jika mereka cukup mengetik nama domain Anda, misalnya “merekmu.com”, ini lebih menurunkan hambatan Anda dari pesaing lainnya. Itulah mengapa, branding nama yang unik dan berbeda dari domain lainnya sangat penting.

Selain itu, karena mereka tahu persis apa yang mereka cari, bounce rate situs Anda menjadi lebih rendah. Hal tersebut membuat algoritma google pada situs Anda menjadi lebih baik karena mereka menunjukkan kepada pengguna hasil yang ingin mereka lihat.

Dengan demikian, saat pencarian berikutnya dilakukan, peringkat situs Anda mungkin sedikit lebih tinggi.

Oleh sebab itu, menggunakan nama domain yang baik adalah cara yang efektif untuk memperkuat bisnis Anda.

Itulah pengaruh ekstensi domain terhadap SEO yang perlu Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk memilih domain SEO. Semoga bermanfaat!

CATEGORIES
Share This

COMMENTS