counter hit make

Pemprov NTB terpilih sebagai Nominator IGA 2022

Wartamataram.com, Lombok Barat – Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, meyakini bahwa salah satu kunci untuk meningkatkan pembangunan adalah inovasi. Hal itu terbukti ketika Provinsi NTB mampu menggesa berbagai inovasi-inovasi untuk mendukung program pemerintah yang berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bang Zul, sapaan Gubernur NTB, saat menghadiri sekaligus menerima kunjungan dari tim validasi IGA Tahun 2022 di Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi NTB, Banyumulek, Lombok Barat, Senin (28/11/2022).

Pemerintah Provinsi NTB kembali terpilih sebagai nominator Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022. Sebelumnya, Provinsi NTB mendapat penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Terinovatif Klaster Provinsi pada Penghargaan IGA Tahun 2021 lalu.

Sebagai informasi, IGA Award merupakan penghargaan terhadap terobosan inovasi Pemerintah Daerah yang akan memberikan iklim kompetitif bagi masyarakat.

“Alhamdulillah tahun kemarin, inovasi kita diapresiasi langsung oleh Kemendagri,” ungkap Bang Zul di hadapan rombongan tim validasi Kemendagri.

Inovasi unggulan daerah yang dipaparkan Gubernur NTB diantaranya inovasi layanan masyarakat NTB Care yang merangkul berbagai aduan masyarakat, NTB Mall Mahadesa, Posyandu Keluarga, JPS Gemilang sebagai solusi kebangkitan ekonomi di masa pandemi, serta inovasi OPD dengan kehadiran BRIDA (STP yang diperluas), Inovasi SMK menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMK dan Teaching Factory untuk mengakselerasi industrialisasi, inovasi industri permesinan, alat transportasi dan sebagainya.

Berbagai inovasi unggulan daerah Nusa Tenggara Barat

“Jika inovasi mampu kita kembangkan maka inovasi-inovasi yang lainnya akan mengikuti,” papar Bang Zul.

Sementara itu, Asisten Deputi Koordinasi Desentralisasi dan Otonomi Daerah Kemenko Polhukam, Syamsudin, mengatakan, perkembangan inovasi-inovasi di daerah terus mengalami peningkatan. Apalagi inovasi yang ada di NTB perkembangannya sangat luar biasa.

“Alhamdulillah, ini menunjukkan bahwa pemerintah terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” ungkapnya sekaligus menjadi ketua tim validasi IGA Award 2022.

Menurutnya, kedatangan tim validasi merupakan langkah awal untuk memverifikasi inovasi yang sudah dikembangkan oleh pemerintah provinsi NTB. Terutama inovasi itu dapat memberika dampak positif bagi masyarakat secara luas.

“Apa yang sudah digagas oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTB bisa dipertahankan dan dikembangkan,” harapnya.

Kemudian tim validasi Kemendagri mengunjungi stand inovasi yang diawali dengan Posyandu Keluarga, NTB Mall, layanan NTB Care, NTB Elip, Mahadesa, Mobil listrik Karya SMK dan berbagai program inovasi lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *