page hit counter
Pemda Sumbawa Barat Selesaikan Permasalahan Tambang Emas Liar di Seloto

Pemda Sumbawa Barat Selesaikan Permasalahan Tambang Emas Liar di Seloto

TALIWANG-Pemerintah Kabupaten Sumbawa (KSB) berjanji akan menindaklanjuti tuntutan warga untuk menghentikan aktivitas perendaman emas di Jorok Liang, Desa Seloto.

Penjabat Sekda KSB Amar Nurmansyah menegaskan pihaknya akan mengklarifikasi terlebih dahulu pemilik perendaman emas. Langkah ini agar tidak ada kesalahan dalam proses penanganan. ’’Karena tambang liar ini sangat sensitif dan banyak pelaku di dalamnya,’’ katanya.

Sebenarnya, kewenangan masalah tambang ini milik provinsi. Tetapi, pemda tetap akan berusaha untuk mencari informasi dari masyarakat dan stekholder terkait supaya dapat menyelesaikan permasalahan ini. ’’Ini akan menjadi atensi kami. Kami akan menyelesaikan permasalahan tersebut,” tegasnya.

Dia menjelaskan untuk mengurai masalah tersebut membutuhkan waktu. Salah satunya untuk melakukan klarifikasi dengan pihak- pihak yang memiliki tanggung jawab di wilayah tersebut. Termasuk pemilik perendaman emas tersebut. ’’Kami membuka ruang untuk masyarakat agar berkoordinasi dengan kami apabila ingin mengetahui pencapaian dari permasalahan ini,’’ ujarnya.

Sebelumnya, warga menggedor kantor Desa Seloto, Kamis (10/6). Pendemo yang dikendalikan Adeni Muhadi Saputra meminta pemerintah menghentikan pengolahan batuan dengan proses perendaman dengan mengunakan bahan kimia. Juga meminta pemerintah untuk segera menutup tambang tersebut, karena dinilai berdampak buruk bagi masyarakat Desa Seloto. Baik sektor pertanian dan nelayan.

Aktivitas perendaman batu emas itu berlokasi di Jorok Liang. Warga khawatir aktivitas tersebut mencemari Danau Lebo. Apalagi warga Desa Seloto sebagian besar nelayan petani. (far/r8)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS