page hit counter
Pelanggaran Netralitas ASN dalam Pilkada, NTB Salah Satu Tertinggi

Pelanggaran Netralitas ASN dalam Pilkada, NTB Salah Satu Tertinggi

Berita Mataram – Berdasarkan rilis data mengenai instansi atau daerah dengan tingkat pelanggaran netralitas yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), Provinsi Nusa Tenggara Barat masuk dalam jumlah pelanggar netralitas ASN tertinggi di Indonesia. Hal tersebut berdasarkan data saat Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020.

Data yang dirilis oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tersebut memuat 10 instansi dan daerah yang melakukan pelanggaran netralitas ASN. Ketua KASN Agus Pramusinto menjelaskan beberapa pelanggaran yang dilakukan antara lain adalah kampanye melalui media sosial, kegiatan yang berpihak pada salah satu calon kepala daerah, hingga pemasangan media branding seperti baliho dan spanduk.

Berdasarkan rilis tersebut, 10 instansi dan daerah dengan tingkat pelanggaran netralitas ASN tertinggi di Indonesia antara lain Kabupaten Wakatobi dengan 18 pelanggaran, kemudian diikuti oleh Kabupaten Sukoharjo dengan 11 pelanggaran, selanjutnya Provinsi NTB dengan tujuh pelanggaran, lalu Kabupaten Dompu sebanyak tujuh pelanggaran dan Kabupaten Bulukumba sebanyak tujuh pelanggaran.

Selanjutnya Kabupaten Banggai dengan jumlah tujuh pelanggaran, lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak enam pelanggaran, Kota Makassar sebanyak lima pelanggaran, Kabupaten Supiori sebanyak lima pelanggaran dan yang terakhir adalah Kabupaten Muna sebanyak lima pelanggaran. Apabila ditotal terdapat 195 pelanggaran netralitas ASN.

Menurut data yang masuk ke KASN hingga 15 Juni 2020, dari total sebanyak 195 pelanggaran netralitas ASN, sebanyak 47 diantaranya sudah ditindaklanjuti, sementara itu sisanya masih dalam pemeriksaan.

Terkait dengan sanksi yang akan diberikan, Agus Pramusinto mengatakan sanksi terbesar yang telah diputuskan melanggar adalah masuk dalam kategori sedang. Sanksi yang diberikan selain sanksi administratif juga akan mendapatkan sanksi moral yaitu membuat pernyataan terbuka untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS