page hit counter
Pelajari Berbagai Gejala Kanker Getah Bening

Pelajari Berbagai Gejala Kanker Getah Bening

Kelenjar getah bening memiliki fungsi yang sangat penting bagi kekebalan tubuh. Kelenjar ini berfungsi sebagai jaringan yang akan melawan berbagai virus atau bakteri di dalam tubuh termasuk mengantisipasi dari perkembangan sel kanker. Selain itu, kelenjar ini juga akan menghancurkan berbagai zat yang dianggap sangat beracun pada bagian tubuh. Secara umum, kelenjar ini terdapat pada bagian ketiak, dada, perut hingga leher dengan jumlah yang berbeda. Namun, pada kondisi tertentu kelenjar ini bisa saja diserang penyakit sehingga fungsi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak bekerja dengan baik. Hal ini juga yang menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker. Kamu juga harus mengetahui gejala kanker getah bening untuk memudahkan proses penyembuhan.

Berbagai gejala kanker getah bening yang harus dipahami

Biasanya gejala kanker getah bening terlihat dengan kasat mata melalui benjolan yang tidak normal pada bagian tubuh tertentu. Pembengkakan seperti ini bisa terlihat sangat jelas pada bagian leher hingga ketiak dengan tekstur yang lebih lunak. Namun, benjolan akibat kanker seperti ini tidak akan memiliki rasa nyeri berlebihan bila disentuh. Berikut ini ada juga beberapa gejala kanker getah bening lainnya yang wajib kamu ketahui sehingga bisa menentukan pengobatan yang ideal, seperti:

1. Kondisi tubuh yang semakin menurun

Salah satu dari gejala kanker getah bening yang paling mudah ditemui adalah kondisi tubuh yang tidak stabil. Bahkan, kondisi tubuh cenderung semakin menurun dalam waktu yang sangat singkat. Biasanya hal ini dimulai dengan demam tinggi hingga mual atau muntah. Beberapa penderita yang mengalami gejala seperti ini akan merasakan kondisi menurun secara tiba-tiba. Gejala seperti ini tidak bisa langsung diatasi dengan mengkonsumsi obat atau vitamin tertentu. Sebaiknya para penderita bisa melakukan pemeriksaan rutin kepada dokter.

2. Kulit terasa gatal seluruhnya

Gejala lain yang timbul akibat penyakit kanker seperti ini berdampak pada kesehatan kulit. Penderita akan merasakan kulit gatal pada bagian seluruhnya. Bahkan, pada kondisi tertentu kulit akan mengalami ruam atau timbul bintik merah. Biasanya ini terjadi pada kulit wajah, leher, lengan hingga paha. Bintik merah yang ada di bagian kulit ini akan mengalami iritasi bila digesek secara terus-menerus. Apalagi kondisi ini diperparah pada saat penderita mengalami kondisi yang menurun secara tiba-tiba.

3. Mengalami keringat secara berlebihan pada malam hari

Sebenarnya gejala seperti ini bisa terjadi pada penyakit kanker lainnya. Para penderita akan mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak di malam hari. Padahal, kondisi sekitar dari penderita bisa saja tidak terlalu panas. Gejala seperti ini memang terjadi akibat metabolisme yang terganggu karena kelenjar getah bening tidak bekerja dengan sangat maksimal. Sehingga cairan tubuh akan keluar di malam hari meskipun dalam suhu yang dingin.

4. Sesak napas secara tiba-tiba

Gejala seperti ini juga sering terjadi pada penderita kanker tingkat lanjutan. Kondisi sesak napas yang terjadi secara tiba-tiba biasanya berdampak pada fungsi dari beberapa organ tubuh yang tidak stabil. Apalagi kelenjar getah bening juga tidak bisa mengatasi berbagai penyakit atau virus yang membuat radang atau pembengkakan pada saluran pernapasan. Pada kondisi tertentu penderita bisa saja lemas hingga pingsan.

5. Berat badan yang turun drastis

Sebagian besar dari penderita dari penyakit kanker ini akan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Hal ini terjadi karena metabolisme yang tidak bekerja dengan sangat baik.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS