page hit counter
PeduliLindungi terintegrasi banyak aplikasi, bagaimana nasib data pribadi?

PeduliLindungi terintegrasi banyak aplikasi, bagaimana nasib data pribadi?

Aplikasi PeduliLindungi. Foto: Antara

Kementerian Kesehatan mengumumkan bahwa skrining Covid-19 melalui QR code PeduliLindungi sudah terintegrasi dengan 15 aplikasi lain. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang umum digunakan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari.

“Dengan adanya QR code yang di-scan untuk memulai aktivitas, diharapkan kasus positif bisa sangat cepat diketahui, dan siapa saja yang ada di tempat tersebut, pada waktu tersebut akan sangat membantu proses tracing,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual, dikutip Jumat 8 Oktober 2021.

15 aplikasi yang terintegrasi dengan PeduliLindungi tersebut adalah Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, Dana, Livin’ by Mandiri, Cinema XXI, Link Aja, GOERS, Jaki, BNI Mobile dan M-Cash, Shopee, Loket.com.

Lantas, bagaimana soal data pribadi pengguna yang mengakses fitur QR code di mitra platform?

Aplikasi PeduliLindungi. Foto: Antara
Aplikasi PeduliLindungi. Foto: Antara

Kepala Transformasi Digital Kementerian Kesehatan, Setiaji menjelaskan bahwa data pribadi pengguna tidak tersimpan di mitra platform.

“Data yang diakses oleh mitra non-Pedulilindungi data terenkripsi, yang kita kirimkan itu adalah token yang hanya bisa membaca adalah kedua sistem tersebut, terus kemudian tidak tersimpan di dalam mitra platform,” kata Setiaji.

Lebih lanjut, Setiaji mengatakan, kerja sama ini ditetapkan melalui KMK Nomor HK/0107/Menkes/5680/2021 yang berisi pedoman, tata cara dan landasan terkait pemanfaatan QR code PeduliLindungi hingga keamanan data.

“Data pribadi dan lain sebagainya, termasuk lokasi, tidak kita simpan. Informasi mengenai keamanan perlindungan data tersebut juga tertera di dalam term and conditions yang ada di masing-masing platform mitra digital,” lanjut dia.

Data diteruskan ke Dukcapil

PeduliLindungi di Shopee. Foto: Suara
PeduliLindungi di Shopee. Foto: Suara

Salah satu platform mitra yang juga bisa digunakan untuk mengakses QR code PeduliLindungi adalah Shopee. Platform berwarna oranye itu menjelaskan bahwa pihaknya tidak menyimpan data-data pengguna fitur tersebut.

Shopee mengungkapkan bahwa fitur PeduliLindungi tidak menyimpan data pribadi di aplikasi mitra, melainkan hanya meneruskan data pengguna ke sistem PeduliLindungi dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Hal ini lantaran fitur PeduliLindungi di aplikasi mitra ini mewajibkan pengguna untuk memasukkan NIK saat akan memasuki fasilitas publik.

“Dalam aplikasi mitra, data tidak disimpan di server mitra serta tidak dapat menyimpan data lokasi saat check-in dan check-out ataupun meneruskan ke sistem lainnya,” ujar Shopee mengutip Suara–jaringan Hops.ID.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS