page hit counter
Patuhi Protokol Covid-19, Dispar Kota Mataram Gelar Bimtek CHSE

Patuhi Protokol Covid-19, Dispar Kota Mataram Gelar Bimtek CHSE

Berita Mataram – Trend new normal yang sedang digaungkan oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat berimbas di berbagai sektor. Salah satunya adalah sektor pariwisata yang sebelumnya menjadi sektor paling berdampak terhadap pandemi Covid-19 kali ini. Hal tersebut mau tidak mau mengharuskan para pelaku pariwisata untuk menaati aturan-aturan protokol kesehatan demi kenyamanan dan keamanan wisatawan.

Protokol kesehatan Covid-19 harus diterapkan oleh semua pelaku pariwisata khususnya vendor-vendor pariwisata seperti perhotelan, transportasi, toko oleh-oleh dan lain sebagainya. Sebagai upaya untuk menerapkan hal tersebut, Dinas Pariwisata Kota Mataram menggelar Bimbingan Teknis CHSE atau Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability yaitu sebuah standar baru dalam pengelolaan pariwisata di tengah pandemi..

Bimtek yang berlangsung selama dua hari bertempat di Hotel Aston Inn ini melibatkan stakeholder di bidang pariwisata khususnya di Kota Mataram serta para pelaku pariwisata dengan jumlah sekitar 100 orang yang masing-masing mewakili bidang usaha masing-masing. Dinas Pariwisata Kota Mataram selaku operator memberikan kesempatan banyak pihak untuk berdiskusi terkait dengan CHSE ini.

Bimtek CHSE kali ini membahas berbagai permasalahan yang terjadi di dunia pariwisata khususnya saat pandemi seperti ini. Pembicara yang dihadirkan pun mewakili berbagai pihak. Bimtek dimulai dengan pidato sambutan oleh H. Nizar Denny Cahyadi selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram lalu dilanjut dengan penyampaian materi tentang Implementasi CHSE di Bidang Kepariwisataan yang disampaikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTB. Lalu selanjutnya Dinas Kesehatan Kota Mataram dan RSUD Kota Mataram masing-masing menyampaikan materi tentang Pencegahan Penularan Covid-19 serta Penanggulangan kasus Covid-19.

Pada hari kedua penyampaian materi dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kota Mataram dan Polres Kota Mataram yang masing-masing membahas tentang Regulasi Kegiatan Kepariwisataan di Tengah Kondisi Pandemi Covid-19 dan Peraturan Kegiatan Kepariwisataan di Tengah Kondisi Pandemi Covid-19. Kemudian Bimtek pun ditutup dengan penyampaian materi oleh Dinas Pariwisata Kota Mataram tentang Adaptasi Pelaku Industri Pariwisata dalam Menjalankan Kegiatan Kepariwisataan di Tengah Kondisi Pandemi Covid-19.

CATEGORIES
TAGS
Share This
Skip to toolbar