page hit counter
Pantai Meninting Antara Keindahan dan Juga Kisah Mistis

Pantai Meninting Antara Keindahan dan Juga Kisah Mistis

Pulau Lombok adalah pulau yang menyimpan banyak sekali keindahan alamnya, khususnya keindahan alam pantai. Keindahan pantai-pantai di pulau Lombok telah terkenal sampai Manca Negara, semua wisatawan baik asing maupun lokal berduyun-duyun untuk mendatangi pantai yang terdapat di Lombok. Nah update kali ini saya akan mengenalkan salah satu pantai yang recomend andai kalian berlibur ke Lombok. Nama Pantai nya ialah Pantai Meninting. Liburan ke Lombok tidak menyeluruh rasanya bila kamu tidak mendatangi Pantai Senggigi, tetapi untuk sebagian orang yang sudah tidak jarang ke Lombok, pantai sengigi barangkali sudah biasa. Kalau hendak ke pantai dekat pusat Kota Mataram, Pantai Meninting dapat jadi opsi kalian liburan di Lombok. Pantai Meninting ini terletak di Kampung Kongok, Desa Meninting, Kecamatan Ampenan Utara, Kota Mataram memang unik. Pantai ini terselip salah satu pantai lainnya, dengan akses jalan yang tidak cukup memadai.

Berdasarkan keterangan dari warga selama penyebutan Pantai Meninting atau Kongok Meninting sebab berada di Kampung Kongok, Desa Meninting. Sebutan Kampung Kongok sendiri merujuk pada fauna kongok yang tak beda adalahsebutan dari kepiting darat yang jumlahnya melimpah. Jarak pantai ini dari kota tidak cukup dari 10 kilometer. Pantai meninting memiliki panjang selama 1 kilometer. Muara kali yang terdapat di pantai ini juga berpindah-pindah antara unsur utara sampai selatan. Pantai Meninting adalahpantai yang teletak di wilayah kampung Kongok, desa Meninting, Kecamatan Ampenan dan adalahpantai yang dekat dengan Kota Mataram, tepatnya 6km jarak tempuh atau 14 Menit masa-masa tempuk andai dari Kota Mataram. Akses Pintu masuk Pantai ini sebelum Jembatan Meninting, Pantai ini terselip salah satu pantai beda nya dengan akses yang tidak cukup memadai. Untuk ongkos masuk pantai ini ialah gratis, kalian cuman menunaikan 1.000 rupiah untuk ongkos parkirnya saja.

Pantai Meninting mempunyai pasir yang berwarna hitam yang cantik, dan andai di simaklah pengunjungnya banyak sekali warga lokal, seringkali mereka ke pantai ini ketika hari liburan bareng keluarga atau senja hari sebatas untuk duduk santai sambil menantikan matahari terbenam. Pantai Meninting tidak sepopuler Pantai Senggigi dan Gili Trawangan, tapi sebetulnya Pantai Meninting ini tidak kalah estetis nya lho, dengan hamparan pasir hitam yang luas dan berjejernya perahu nelayan meningkatkan nilai plus dari pantai ini. Bermain sepak bola ialah aktifias yang tidak jarang di kerjakan pengunjung ke pantai ini, beberapa pengunjung pun memanfaatkan pantai ini guna sekdar olahraga joging, senam pernapasan, berenang dan berselancar.

Para nelayan mula-mula di pantai meninting ini seringkali menyandarkan perahunya di bibir pantai. Namun bertolak belakang dengan sekarang, sejumlah nelayan menyandarkan perahunya di muara Sungai Meninting. Biasanya di Pantai ini akan paling padat pengunjung andai lebaran ketupat telah tiba. Jadi untuk para wisatawan yang hendak liburan ke Lombok, usahakan menghindari hari lebaran ketupat, sebab pasti akan paling ramai sekali dapat menganggu kegiatan liburan kamu bagi yang tidak menyenangi keramaian. Banyak mitos yang beredar di masyarakat selama yang bercerita mengenai pantai dan kali yang bermuara di Pantai Meninting. Salah satunya yang pernah kami dengar oleh masyarakat sekitar ialah beredarnya kabar yang menyebut andai seseorang pernah mandi di muara sungai maka dapat dipastikan kembali berangjangsana lagi. Dan hingga sekarang tidak sedikit masyarakat sekitar tidak sedikit yang bilang bahwa sering menyaksikan buaya. Dan herannya lagi buaya tersebut berwarnana putih besarnya seperti sebesar biawak. Tetapi kisah ini menurut keterangan dari kami antara percaya dan tidak percaya, gimana kalo menurut keterangan dari kalian?

CATEGORIES
TAGS
Share This