page hit counter
Pahami Tentang Gejala Kanker Kolon

Pahami Tentang Gejala Kanker Kolon

Kanker kolon merupakan penyakit kanker yang terjadi di bagian usus besar. Penyakit kanker seperti ini juga kerap terjadi di bagian bawah dari usus besar yang nantinya akan terhubung ke rectum atau sering disebut saluran akhir. Penyakit kanker seperti ini dimulai dari tumbuhnya polip usus di bagian dinding kolon atau usus besar. Namun, sebagian besar dokter mengungkapkan bahwa tidak seluruh polip usus berubah menjadi kanker kolon. Hal ini biasanya terjadi pada polip adonema yang menjadi penyebab munculnya kanker kolon. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab penyakit kanker ini. Kondisi ini yang membuat kamu harus mengetahui lebih jelas tentang gejala kanker kolon.

6 gejala kanker kolon yang wajib diwaspadai

Biasanya gejala kanker kolon akan dirasakan oleh penderita pada saat sudah memasuki tingkat lanjutan. Hal ini memang terjadi karena pada fase awal atau stadium dasar memang tidak menunjukkan gejala yang sangat ringan sekalipun. Namun, potensi dari penyakit ini akan terus terjadi dengan waktu yang cepat. Ini membuat kamu juga harus melakukan pemeriksaan bila sudah mengalami beberapa gejala tertentu. Berikut ini ada 6 gejala kanker kolon yang wajib diwaspadai seperti:

1. Diare berlebihan

Ini merupakan gejala kanker kolon yang paling sering dialami pada penderita tingkat lanjut. Fungsi yang tidak maksimal dan cenderung abnormal pada usus besar mengakibatkan diare yang sangat berlebihan. Bahkan, hal ini terjadi dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, kondisi seperti ini sangat jarang diatasi dengan obat diare pada umumnya. Pada beberapa kasus diare yang terjadi memang setelah mengkonsumsi makanan utama. Hal ini membuat fungsi usus besar tidak bekerja dengan baik. Bahkan, terjadi infeksi yang cukup parah.

2. Mengeluarkan kotoran bercampur darah

Gejala lain yang mungkin ditemukan seperti saat penderita buang air besar dan mengeluarkan kotoran bercampur darah. Kondisi seperti ini juga kerap terjadi pada tingkat lanjutan. Hal ini sangat berbeda dengan wasir. Namun, pada saat kotoran itu bercampur darah biasanya memiliki tekstur yang lebih cair.

3. Mual disertai muntah

Beberapa penderita penyakit kanker ini juga merasakan mual disertai dengan muntah. Hal ini terjadi karena fungsi usus yang tidak bekerja maksimal saat menerima nutrisi yang dikonsumsi. Bahkan, pada beberapa kasus seluruh makanan yang sudah masuk ke bagian tubuh kadang terbuang melalui muntahan.

4. Nyeri berlebihan pada perut

Fungsi usus yang tidak bekerja dengan baik membuat rasa nyeri di bagian perut. Kondisi seperti ini juga diperparah dengan radang di bagian usus. Pada saat penderita melakukan gerakan seperti duduk atau berjalan maka usus akan bersentuhan dan mengalami gesekan yang menyebabkan nyeri berlebihan.

5. Kondisi tubuh yang tidak stabil

Tentu saja gejala lain yang paling mudah dilihat seperti kondisi tubuh yang sangat tidak stabil. Hal ini terjadi karena tubuh tidak lagi menerima nutrisi dengan baik. Bahkan, proses pencernaan yang dibutuhkan dari tubuh juga tidak bekerja dengan maksimal. Beberapa kondisi dari penderita juga mengalami kekurangan cairan akibat diare yang berlebihan dalam jangka waktu yang sangat lama.

6. Berat badan turun drastis

Potensi dari gejala yang paling mudah didiagnosa seperti berat badan yang turun drastis. Penderita akan mengalami penurunan berat badan dalam jumlah yang besar. Kondisi ini memang dipengaruhi dari fungsi organ pencernaan yang tidak bekerja dengan sangat baik.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS