page hit counter

NTB Siapkan Tim Medis Sendiri

MATARAM-Kontingen NTB menjalani karantina sebelum berangkat ke Papua. Ini guna menjamin kesehatan atlet-atlet Bumi Gora.

Karantina akan dilakukan selama 10 hari sebelum atlet berangkat ke Papua. ”Jadwal karantina menyesuaikan dengan jadwal berangkat. Karena jadwal berangkat cabor berbeda,” kata Ketua Kontingen NTB Mori Hanafi kemarin (7/9).

Selain karantina, pihaknya juga akan menyiapkan peralatan tes covid-19 di Papua. Ini untuk mengatisipasi atlet-atlet NTB tidak bisa bertanding karena dinyatakan positif covid-19 setelah berada di Papua. ”Ini untuk pembanding. Khusus untuk atlet-atlet NTB yang berpotensi emas dan masuk ke babak semifinal atau final,” tegas dia.

Pada PON Papua, NTB akan menurunkan 106 atlet dari 19 cabor. Mereka akan bertanding di 115 nomor pertandingan. Dari 19 cabang olahraga itu NTB telah menargetkan meraih 17 medali emas.

Mori mengatakan, saat ini persiapan atlet sudah mencapai 80 persen. Mereka masih menjalani program latihan meski tidak seluruhnya berada di Mataram. Misalkan cabor menembak, tenis lapangan, dan atletik di Jakarta. Cabor tinju di KSB serta tarung derajat di Dompu. ”Pemberangkatan atlet gelombang pertama 20 September,” ungkapnya.

Selain sektor kesehatan, dari sektor keamanan juga sudah dipastikan. Karena ada tambahan tenaga dari Polda NTB untuk mengamankan atlet-atlet NTB saat bertanding di Papua. ”Ini sudah kita atur semua. Setiap provinsi diwajibkan menyertakan pengamanan ini,” pungkasnya.

Ketua KONI NTB H Andy Hadianto mengatakan NTB menargetkan 17 medali emas. Target itu diharapkan datang dari cabang olahraga atletik, tinju, muaythai, tarung derajat, voli pasir, panjat tebing, karate, dan kempo. ”Cabor lain juga masih memiliki kans. Yang terpenting mereka berjuang maksimal agar hasilnya juga maksimal,” katanya.

PON Papua ini berbeda dari PON sebelumnya. Tidak hanya dari pelaksanakan pertandingan cabor, tetapi kondisi pandemi covid-19 juga ikut mempengaruhi. ”Saya minta atlet dan seluruh kontingen tetap fokus untuk mencapai target. Apapun keadaannya itu bisa dilewati,” tandasnya. (puj/r8)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS