page hit counter
Mohan: Selesaikan Tumpukan Sampah Dalam 14 Hari

Mohan: Selesaikan Tumpukan Sampah Dalam 14 Hari

Berita Mataram – Wali Kota Mataram, H. Mohan Roliskana, menargetkan penanganan sampah yang berserakan dibeberapa titik di Kota Mataram diselesaikan dalam waktu 14 hari.

Hal tersebut disampaikan Mohan ketika memimpin rapat koordinasi penanganan sampah dan kebersihan taman-taman di Kota Mataram, Selasa (9/3/2021), bertempat di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram.

Diketahui, dari beberapa titik tumpukan sampah di Kota Mataram terjadi antara lain berada disekitar pasar tradisional, taman-taman kota, area akses masuk ke Kota Mataram serta tempat umum lainnya, dimana lokasi-lokasi tersebut dijadikan tempat pembuangan sementara (TPS) oleh masyarakat.

Prinsip penanganan sampah yang dilakukan adalah dengan pengoptimalan sumber daya yang ada di dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Perdagangan, serta Dinas PUPR untuk bersinergi ditengah refocusing anggaran Covid-19.

Mohan mengarahkan, secara teknis pemanfaatan bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan-kendaraan dinas yang ada di dinas terkait untuk dijadikan armada pengangkut sampah. Selain itu, armada yang disiapkan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah, agar tidak terjadi penumpukan di jalan.

“Setiap kendaraan yang sudah penuh bisa langsung diangkut, dan tidak terjadi penumpukan dalam waktu seharian atau lebih,” pinta Mohan.

Selain optimalisasi armada, pemanfaatan sumber daya manusia seperti aparatur yang ada di kecamatan maupun kelurahan juga akan dilakukan. Dengan mendorong setiap perangkat untuk turun langsung (gotong royong) menuntaskan sampah di wilayahnya masing-masing.

Menanggapi arahan Wali Kota, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, M Nazaruddin Fikri, menyampaikan akan berupaya maksimal dalam waktu yang singkat tersebut untuk menuntaskan penumpukan sampah dan memperhatikan kebersihan taman yang ada di Kota Mataram.

Ia optimis penanganan bisa dilakukan, walaupun saat ini terjadi refoccusing anggaran Covid-19 dan kendala administrasi lainnya. Namun, penanganan sampah bisa dilakukan dengan setiap sumber daya yang ada. “Kami siap,” ungkap Nazaruddin Fikri dalam rapat koordinasi tersebut. (abdiwrm)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS