page hit counter

Mobil listrik China banyak tumbang, Honda pintar bakal gaspoll model baru

Mobil listrik Honda

Kabar banyaknya merek mobil listrik China yang tumbang akibat persaingan antar merek lokal, rupanya dimanfaatkan Honda untuk menggempur pasar otomotif terbesar di dunia dengan meluncurkan 5 mobil listrik baru.

Peluncuran mobil listrik terbaru itu dilakukan Honda di tengah banyaknya merek mobil listrik lokal China yang tumbang akibat kalah saing dengan beberapa merek lokal terkait pengembangan teknologi.

Meski pasar otomotif China menjadi pangsa pasar terbesar di dunia. Namun beberapa merek lokal justru tidak bisa bertahan terhadap pengembangan teknologi dan persaingan harga yang terjadi di negara tersebut.

Mobil listrik Honda
Mobil listrik Honda Foto: Carscoops

Honda curi peluang di tengah merek mobil china tumbang

Kondisi inilah yang mungkin dimanfaatkan produsen mobil Honda yang telah memiliki afiliasi dengan industri otomotif China. Pabrikan mobil Jepang ini rencanannya akan meluncurkan 5 model terbaru mobil listriknya.

Bahkan dalam rencana besarnya, Honda mengklaim akan meluncurkan 10 mobil listrik terbarunya di China hanya dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Dari laporan yang dilansir Carscoops, 5 mobil listrik terbaru yang akan meluncur merupakan model dari N Series yang terkenal sebagai model kendaraan listrik pengembangan Honda untuk pasar global.

mobil listrik Honda
mobil listrik Honda Foto: Carscoops

Mobil listrik e:N Series menganut moto “Dynamic, Intelligence and Beauty.” Kendaraan akan menggunakan arsitektur e:N khusus dan menampilkan filosofi desain yang unik. Honda tidak banyak bicara tentang platform, tetapi mencatat akan ada tiga versi berbeda dari arsitektur yang memungkinkan konfigurasi penggerak roda depan, penggerak roda belakang, dan penggerak semua roda.

Dua model pertama yang tiba dikenal sebagai e:NS1 dan e:NP1, dan tampaknya didasarkan pada HR-V baru. Keduanya merupakan crossover yang menampilkan desain serupa yang menggabungkan gril tertutup penuh, lampu depan ramping, dan interior minimalis.

Berbicara tentang yang terakhir, model memiliki kluster instrumen digital dan sistem infotainment besar dengan orientasi potret. Karena tampilan infotainment sangat besar, maka telah dipecah menjadi tiga bagian berbeda dengan bagian bawah disediakan untuk kontrol iklim.

Mobil listrik Honda
Mobil listrik Honda Foto: Carscoops

Honda tidak membahas banyak secara spesifik, tetapi menegaskan e:NS1 dan e:NP1 akan memiliki jangkauan lebih dari 311 mil (500 km). Model-model tersebut juga akan mampu berakselerasi dari 0-62 mph (0-100 km/jam) dalam waktu kurang dari delapan detik.

Tak hanya model kendaraan sport saja, Honda pasalnya juga akan memboyong mobil listrik sport dengan model coupe dan versi GT. konsep e:N Coupe, e:N GT dan e:N SUV, ketiganya menampilkan pratinjau model produksi yang akan datang dan memiliki desain serupa yang menekankan garis tajam, dengan desain futuristik dan model produksi dijadwalkan tiba dalam lima tahun ke depan.

Komitmen Honda 2030 semua model akan usung mobil listrik

Selain deretan rencana peluncuran mobil listriknya, Honda juga akan mengusung model kendaraan listrik secara keseluruhan di pasar otomotif China. Dalam roadmap industrinya pada 2030 semua model mobil yang dipasarkan Honda akan mengusung kendaraan elektrifikasi secara keseluruhan.

Sehingga kedepannya Honda akan fokus pada kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi terendahnya yakni mobil hybrid yang memadukan mesin konvensional dan motor listrik.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS