page hit counter
Mitsubishi Pajero sport dipakai keluarga jenderal ternyata mobil ngeriii

Mitsubishi Pajero sport dipakai keluarga jenderal ternyata mobil ngeriii

Pajero sport

Mitsubishi Pajero Sport belakangan terus menjadi perhatian di setiap kejadian viral. Setelah mobil almarhumah Vanesa Angel yang mengalami kecelakaan dengan Pajero Sport, giliran wanita keluarga jenderal viral di parkir bandara.

Diketahui wanita yang menjadi keluarga jenderal tersebut dijemput menggunakan Pajero berwarna hijau lengfkap dengan plat nomor kendaraan militer. Pajero Sport merupakan SUV kelas medium yang saat ini banyak digunakan masyarakat.

Kesan gagah dan kokoh membuat masyarakat di Indonesia banyak memilih Pajero Sport sebagai kendaraan pribadi. Tak terkecuali instansi dan pejabat di TNI seperti keluarga jenderal yang berselisih paham dnegan Arteria Dahlan.

Pajero sport
Pajero sport Foto: Instagram

Mitsubishi Pajero Sport pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2009, sebagai generasi kedua yang dipasarkan. Hadir sebagai mobil dengan konsep kendaraan All Round Family Sport Utility Vehicle (SUV), menjadikan Mitsubishi Pajero Sport dipercaya konsumen sebagai kendaraan tangguh segala medan.

Mendukung ketangguhan yang bukan kaleng-kaleng, Mitsubishi Pajero Sport sudah dibekali dengan mesin DOHC Commonrail Turbocharged and intercooled berkapasitas 2.5 lite 4 silinder inline.

Dari mesin berkode 4D54 ini, tenaga yang mampu dihasilkan Mitsubishi Pajero Sport mencapai 136 Ps dengan besaran torsi hingga 324 Nm. Tenaga mesin yang terbilang cukup besar dikelasnya.

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport Foto: Doc MMKSI

Dua tahun berkiprah di pasar otomotif nasional, Mitsubishi Pajero Sport rupanya tak ingin kalah saing sebagai SUV berkarakter dan bertenaga besar. Penyempurnaan kemudian dilakukan di sektor pacunya menggunakan penambahan Variable Geometry Turbo pada mesin 2.5 liter DI-D Commonrail.

Era 2010 memang teknologi VGT memang cukup trend di mesin turbo diesel, bahkan brand ambassador Mitsubishi Rifat Sungkar pernah mengungkap teknologi VGT pada mesin yang tujuannya meningkatkan tenaga pada sektor mesin.

“Turbo sebenarnya adalah teknologi yang sudah cukup lama ditemukan, namun ketika itu lebih dikenal sebagai turbo konvensional. Pada dasarnya, turbo adalah sebuah perangkat yang dipasang di mesin kendaraan yang tujuan awalnya adalah untuk meningkatkan tenaga dari kapasitas mesin yang ada. Pada saat ini kita lebih mengenalnya dengan nama variable geometry turbo atau disingkat VGT,” jelas Rifat.

Sementara cara kerja turbo diibaratkan oleh Rifat seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). “Turbo itu seperti turbin atau PLTA yang menggunakan baling-baling, kipas, atau semacamnya. Jika air ditembak dari atas, otomatis kipas akan berputar lebih cepat, namun kalau sudut penembakannya miring, maka kipas berputar lebih lambat,” ujarnya.

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport terbaru Foto: Indian Autos blog

“Begitu juga dengan VGT. Ia dilengkapi dengan satu ring yang memiliki kisi-kisi yang bisa mengatur sudut datang angin yang nantinya berfungsi untuk memutar turbo. Kisi-kisi ini bisa mengecil dan membesar dengan sendirinya. Prinsip kerjanya adalah, jika angin datang dengan kondisi kisi-kisi yang besar, otomatis membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memutar turbo. Sebaliknya, dengan kondisi kisi-kisi yang kecil, tentu akan membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mendapatkan boost dari turbo itu,” jelasnya.

Mitsubishi sendiri tentu bukan tanpa alasan menyematkan perangkat VGT pada Mitsubishi Pajero Sport. Mengingat model SUV bertenaga ini harus tetap bisa menjadi raja SUV baik dari desain maupun tenaga mesinnya, layaknya sejarah Pajero yang sudah teruji di balap rally dunia.

Sederet prestasi mampu ditorehkan Mitsubishi Pajero sebagai penguasa balap rally terganas di dunia yakni Rally Dakar. Ketangguhan dan kemampuan yang telah teruji di ajang balap mobil terganas di dunia tersebut, menjadi implementasi lahirnya produk berkualitas yang dilahirkan yakni Mitsubishi Pajero Sport.

Adapun dalam video yang beredar mobil bernopol 75194-03 tersebut datang menjemput wanita ‘keluarga jenderal TNI’ usai terlibat cekcok dengan anggota komisi III DPR RI, Arteria Dahlan.

Kemudian menurut penyelidikan dari Anggota Komisi I DPR RI, Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin, mobil jemputan tersebut ternyata dimiliki oleh seorang prajurit TNI berpangkat brigjen TNI yang kini berdinas di Badan Intelijen Negara (BIN).

“Kendaraan tersebut digunakan oleh Brigjen TNI yang kini telah pindah tugas ke BIN,” kata TB Hasanuddin, mengutip Detik pada Selasa, 23 November 2021.

Diketahui pula bahwa mobil tersebut merupakan kendaraan dinas milik Kodam Jayakarta.

Sementara dalam video terlihat si cewek sedang bersama seorang pria yang berpangkat Brigjen. Namun hubungan atau status keduanya masih belum diketahui.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS