page hit counter
Misterius! Dua pemimpin senior Taliban lama tak muncul di publik, sudah meninggal?

Misterius! Dua pemimpin senior Taliban lama tak muncul di publik, sudah meninggal?

Mullah Haibatullah Akhundzada (kiri) dan Mullah Abdul Ghani Baradar (kanan). Foto: Dawn dan India News Republic

Dua pemimpin senior kelompok Taliban, sudah beberapa minggu tidak muncul ke hadapan publik. Hal ini lantas membuat sejumlah warga Afghanistan bertanya-tanya ke mana sebenarnya dua orang yang memiliki jabatan pemimpin tertinggi kelompok dan wakil perdana menteri baru itu. Bahkan, beredar rumor kalau mereka berdua sudah meninggal.

Pemimpin tertinggi Taliban, Mullah Haibatullah Akhundzada, hingga saat ini belum terlihat di depan publik, sebulan setelah Taliban menguasai penuh Afghanistan. Selain Akhundzada, Mullah Abdul Ghani Baradar, salah satu tokoh Taliban yang paling dikenal, juga hilang.

Melansir The Guardian, Selasa 14 September 2021, ada desas-desus yang beredar di Kabul bahwa Baradar telah terbunuh atau terluka parah dalam perkelahian dengan tokoh senior Taliban lainnya karena argumen tentang bagaimana membagi kementerian di pemerintahan baru Afghanistan.

Mullah Haibatullah Akhundzada. Foto: Dawn
Mullah Haibatullah Akhundzada. Foto: Dawn

Menjawab isu kematian yang liar beredar, juru bicara Taliban, Suhail Shaeen menyangkalnya melalui sebuah postingan di Twitter dalam bahasa Inggris.

Mullah Baradar, wakil PM Islamic Emirate of Afghanistan, dalam pesan suara menolak semua klaim bahwa dia terluka atau terbunuh dalam bentrokan. Dia mengatakan itu bohong dan sama sekali tidak berdasar,” tulis Suhail.

Selain itu, guna menepis rumor soal kematian dua pemimpin senior Taliban itu, kelompok tersebut belum lama ini juga merilis foto-foto catatan tulisan tangan yang diklaim milik Baradar, yang mengatakan bahwa dia saat ini sedang berada di Kota Kandahar.

Kemudian, Taliban juga merilis pesan suara yang diklaim suara merupakan suara Baradar. Namun demikian, dari sejumlah file yang dirilis, tidak ada file video. Sehingga, itu disebut justru lebih memperdalam lagi kecurigaan soal hilangnya dua tokoh tersebut.

Baradar si pentolan Taliban. Foto: Ist.
Baradar si pentolan Taliban. Foto: Ist.

Apalagi, menurut warga Afghanistan, saat ini Taliban bukan merupakan kelompok yang sembunyi-sembunyi dalam perjuangannya. Juga, Baradar adalah sosok yang terkenal karena peran internasionalnya. Pertanyaan mengapa dua sosok itu tak kunjung muncul ke publik pun terus menyeruak di kalangan warga Afghanistan dan dunia internasional.

Catatan sejarah mungkin menjadi alasan mengapa teori soal kematian dua petinggi Taliban itu beredar. Pasalnya, saat pemimpin pendiri Taliban, Mullah Mohammad Omar meninggal beberapa tahun lalu, kelompok tersebut terus mengeluarkan pernyataan atas namanya. Bukan tidak mungkin hal serupa sedang terjadi saat ini.

Lebih jauh, Jaringan Analis Afghanistan mencatat bahwa ketidakhadiran Akhundzada dari semua acara publik dan pribadi, hampir sebulan setelah Kabul jatuh, menunjukkan bahwa dia tidak lagi hidup. Para analis mencatat bahwa bahkan Mullah Omar yang cenderung tertutup membuat beberapa penampilan publik, meskipun tidak di video, ketika dia memerintah negara itu.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS