page hit counter
Minta restu masuk Hindu, Sukmawati surati Megawati: Beliau parno banget

Minta restu masuk Hindu, Sukmawati surati Megawati: Beliau parno banget

Sukmawati dan Arya Wedakarna

Sebelum mengumumkan menjadi Hindu, Sukmawati Soekarnoputri meminta izin dan memberitahukan kepada keluarga besarnya dan tentunya ketiga anaknya. Semuanya tidak ada penolakan. Nah yang menarik, saat minta izin ke Megawati untuk jadi Hindu, Sukmawati nggak berani bertemu langsung lho.

Beda dengan kepada kakak dan adiknya yang lain, Sukmawati ngaku minta izin langsung kepada mereka.

Cerita Sukmawati ke Megawati

Sukmawati mengungkapkan bagaimana proses dia meminta izin dan memberitahu kepada keluarga besarnya untuk jadi Hindu. Pertama kali yang ia beritahu niatnya untuk masuk Hindu, adalah Arya Wedakarna. Sosok ini bukan orang asing bagi putri Bung Karno itu.

Megawati Soekarnoputri alias Mega. Foto: Ist.
Megawati Soekarnoputri alias Mega. Foto: Ist.

Arya Wedakarna merupakan inspirasi Sukmawati masuk Hindu. Arya juga merupakan orang kepercayaan Sukmawati di Bali, sampai ngurusin partainya PNI di Bali lho.

“Pertama saya bilang dulu ke Arya, ini sudah waktunya deh kayaknya. Sudah waktunya mau kembali ke agama leluhur eyang putri. Arya senang hati dong,” kata Sukma dalam konferensi pers di Bali, Selasa 26 Oktober 2021.

Setelah memberitahu Arya soal niatnya tersebut, Sukmawati merasa harus memberitahu kepada keluarga besarnya.

Pertama yang dia beritahu di keluarganya adalah, kakaknya Guntur Soekarnoputra, kemudian kepada adiknya Guruh Soekarnoputra. Kakak dan adiknya itu menyilakan saja, nggak ada penolakan. Sebab itu urusan pribadi masing-masing.

Selanjutnya Sukmawati meminta izin dan memberi tahu ke anak-anaknya. Ternyata ketiga anaknya juga nggak ada penolakan, mereka menyerahkan pilihan itu kepada pribadi Sukmawati. Malahan ketiga anaknya mendukung pilihan tersebut.

“Akhirnya ke Ibu Mega. Saya bersurat ke beliau ya, karena agak sulit ditemui, beliau kan parno sama Covid ini, ketemu-ketemu orang. Saya tulis surat, saya beritahu saya mau pindah agama, kembali ke agama eyang putri. Jawabannya ya silakan saja, semua jawabannya begitu,” ujarnya.

Gelar baru

Sukmawati Soekarnoputri masuk Hindu. Putri Bung Karno itu akan menjalani ritual kembali ke Hindu atau Sudhi Wadani di Bale Agung Singaraja, Bali pada hari ini. Nah ternyata banyak fakta lho seputar Sukmawati masuk Hindu, salah satunya gelar yang akan disandang Sukmawati dan ramalan Sabdo Palon.

Ternyata Sukmawati masuk Hindu itu ada kaitannya dengan leluhurnya yakni neneknya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben. Malahan upacara Sudhi Wadani dilakukan karena Sukmawati mendapatkan petunjuk dari neneknya lho.

Keluarga besar Bung Karno
Keluarga besar Bung Karno. Foto Instagram @aryawedakarna

Nantinya setelah menjalani upacara ritual Sudhi Wadani, pemilik nama lengkap Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri akan bergelar Ratu Niang Sukmawati.

Sukmawati ketahuan selama bertahun-tahun malah berpuluh tahun sudah memelajari Kitab Hindu, Gandrung dengan Sansekerta serta budaya Bali. Hal ini lah yang makin memantapkan adik Megawati Soekarnoputri ini untuk memeluk Hindu.

Banyak yang meyakini lho, Sukmawati pindah ke agama Hindu ini sesuai dengan ramalan Sabdo Palon Nayogenggong atau Kebangkitan Hindu Majapahit.

Kepindahan Sukmawati untuk jadi Hindu telah direstui oleh saudara kandungnya yaitu Megawati Soekanoputri, Guruh Soekarnoputra, Guntur Soekarnoputra, serta tiga anak Sukmawati.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS