counter hit make

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Berpulang Usai Menjalani Perawatan Intensif

Jakarta – Kabar duka berasal dari Istana Negara. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu.

Kabar duka tersebut dibenarkan oleh petinggi PDIP, Junimart Girsang. Dia mengatakan Tjahjo Kumolo wafat pada hari ini, Jumat (1/7) sekitar pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

“Saya baru dapat kabar sekitar dua menit yang lalu, [Thahjo] sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari PDIP Junimart Girsang.

Untuk diketahui, pria kelahiran Surakata, 1 Desember 1957, ini sempat sakit. Politikus senior PDIP itu tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Tjahjo Kumolo tidak dalam kondisi koma saat menjalani perawatan.

Sebelumnya, putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, sempat menyampaikan pada hari Minggu (26/6) bahwa ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru. Saat itu, Tjahjo dirawat secara intensif.

“Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya,” kata Rahajeng.

Kendati demikian, Rahajeng memastikan kondisi ayahnya saat itu makin stabil. Dia membantah isu yang menyebut ayahnya mengalami koma.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate, berduka cita atas meninggalnya Tjahjo. Dalam pesan singkatnya, Plate mendoakan semoga almarhum Tjahjo beristirahat dalam damai di surga.

“Aku sangat bersedih. Kita kehilangan menteri yang baik dan rendah hati. Selamat jalan Mas Tjahjo,” ujarnya.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Pendidikan Tinggi, Nadiem Makarim, mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian Tjahjo.

“Banyak sekali teladan yang saya pelajari dari Bapak Tjahjo selama bekerja bersama beliau. Pak Tjahjo adalah sosok pemimpin yang terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya melalui program seleksi guru ASN PPPK,” ujar Nadiem via akun Instagram resminya.

Selamat jalan, Pak Tjahjo. Semoga semua amal ibadah diterima oleh Allah SWT dan segala dedikasi terus menjadi inspirasi bagi kita semua. (AP/WM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *