page hit counter
Menguak Sejarah Islam di Kota Mataram, Kunjungi 7 Destinasi Wisata Religi Berikut

Menguak Sejarah Islam di Kota Mataram, Kunjungi 7 Destinasi Wisata Religi Berikut

Warta Mataram – Pulau Lombok dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid. Bukanlah tanpa makna, julukan tersebut tersemat tidak lepas dari peranan Islam dalam perkembangan peradaban Pulau Lombok sejak dahulu. Hal ini juga terjadi di Kota Mataram yang memiliki jargon maju, religius dan berbudaya.

Kata religius dapat dimaknai sangat dekat dengan agama, dan sebagai agama mayoritas di Kota Mataram, sejarah Islam tentunya sangat menarik untuk disimak. Berikut 7 destinasi wisata religi yang ada di Kota Mataram.

1. Makam Loang Baloq
Jika merujuk pada arti kata, maka Loang Baloq berarti Lubang Buaya. Hal ini karena di area tersebut terdapat sebuah lubang yang diyakini di dalamnya terdapat seekor buaya yang berusia ratusan tahun. Namun terlepas dari mitos tersebut, Makam Loang Baloq sangat terkenal di seantero Pulau Lombok. Makam ini adalah peristirahatan terakhir dari dua tokoh Agama Islam yakni Syeh Gaus Abdur Razak dan Syeh Anak Yatim.

2. Makam Bintaro
Salah satu makam yang ramai dikunjungi adalah Makam Bintaro. Tempat ini cukup terkenal dan selalu dibanjiri oleh peziarah. Namun demikian, tidak banyak yang tau jika Makam Bintaro merupakan komplek pemakaman para Habib yang datang dari Yaman Selatan pada tahun 1865. Mereka adalah Habib Husen Bin Umar Mashur, Syarifah Zahra Al Habsy, dan Syech Abdullah Al Badawi yang meninggal tahun 1880.

3. Makam Titi Gangsa
Banyak tokoh Islam yang berjasa menyebarkan Agama Islam di Kota Mataram. Salah satunya adalah Titi Gangsa, beliau diyakini merupakan tokoh yang berkontribusi dalam penyebaran syiar Islam di Pulau Lombok. Makam Titi Gangsa terletak di pemakaman umum Sayang-Sayang dan telah ditetapkan sebagai objek wisata religi.

4. Makam Syekh Ahmad Tretetet
Datuk Syeikh TGH Ahmad Tretetet bin TGH Umar Kelayu merupakan seorang ulama karismatik dan terkenal di kalangan alim ulama di Pulau Lombok. Banyak kisah jenaka tentang Tuan Guru yang tidak memiliki pondok pesantren ini. Beliau merupakan salah satu tokoh Islam yang kini makamnya telah menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Mataram.

Itulah 4 makam para tokoh pejuang Islam yang ada di Kota Mataram. Selain keempat makam di atas, ada beberapa makam yang telah dijadikan destinasi wisata religi oleh Dinas Pariwisata Kota Mataram, antara lain:

5. Makam Denda Seleh
6. Makam Sunan Sudar
7. Makam Syekh Alkaff

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS