page hit counter
Mengenal Mitsubishi Pajero Evo cuma ada 2.693 unit di dunia

Mengenal Mitsubishi Pajero Evo cuma ada 2.693 unit di dunia

Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero hingga kini masih tetap dipertahankan sebagai kendaraan model sport utility vehicle (SUV). Dibalik kepopuleran mobil SUV ini di Indonesia, Mitsubishi Pajero ternyata memiliki jalan panjang seperti bagian sejarahnya yakni Pajero Evo.

Dalam catatan perjalanan resminya, Mitsubishi pernah meluncurkan edisi produksi terbatas Pajero Evolution pada 1997. Di dunia model SUV ini menjadi model terbatas karena hanya diproduksi sebanyak 2.693 unit saja.

Mitsubishi Pajero Evo sendiri terlahir sebagai kendaraan produksi massal yang memiliki spesifikasi disesuaikan sebagai kendaraan yang kental dengan genetika mobil rally dakar dunia.

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport Foto: Carscoops

Pajero Evo sendiri merupakan generasi kedua mobil tangguh yang diluncurkan produsen Jepang dengan masa produksi yang terbilang cukup pendek yakni 1997 hingga 1999.

Mitsubishi Pajero Evo merupakan model terbatas

Di atas kertas Pajero Evo menjadi salah satu kendaraan yang cukup klasik dan banyak diburu kolektor. Karena mobil ini diproduksi untuk memenuhi peraturan kelas kendaraan produksi T2.

Salah satu model yang masih tersisa dan dalam kondisi baik, saat ini tengah ditawarkan salah satu balai lelang Chrome Tempel Australia. Model yang ditawarkan memiliki cat dengan warna Passion Red yang terbilang sangat langka dan banyak diburu.

Berdasarkan laporan, dikutip Carscoops, Pajero Evo berwarna Passion Red ini menjadi warna terbatas yang pernah diproduksi. Karena dari 2.693 unit yang diproduksi khusus warna merah ini hanya ada 87 unit saja.

Mitsubishi Pajero Evo
Mitsubishi Pajero Evo Foto: carscoops

Mitsubishi Pajero Evo cukup langka berdasarkan data balai lelang menjadi satu unit yang dalam kondisi terawat serta baru mencapai jarak tempuh sejauh 164.283 km pada odometernya.

Perawatan mobil juga diperkuat dengan service record bengkel resmi dengan waktu kunjungan perawatan terakhir Agustus 2021. Mobil ini menjadi salah satu koleksi dari pemilik yang akhirnya menawarkan kepada siapapun yang berani melakukan penawaran tertinggi di balai lelang.

Evo didasarkan pada varian tiga pintu dari Pajero generasi kedua yang dijual antara tahun 1991 dan 1999. Namun, bodykit yang unik membedakannya dari saudaranya yang memiliki jarak sumbu roda pendek. Spatbor lebar sewarna bodi, bumper off-road, side sill extension, double foglight, hood scoop besar, mud flap Ralliart, dan spoiler belakang yang agak khas memperjelas bahwa ini bukan Pajero biasa. Hal yang sama berlaku untuk kursi Recaro di kabin dua tempat duduk.

Mitsubishi Pajero Evo
Mitsubishi Pajero Evo Foto: Carscoops

Mitsubishi Evo dibekali mesin V6 MIVEC 3.5 liter yang menghasilkan tenaga mencapai 280 hp, seluruh tenaga disalurkan keempat roda melalui transmisi manual atau otomatis (yang ini otomatis). Upgrade lainnya termasuk suspensi yang didesain ulang yang menampilkan double wishbones di depan dan gandar belakang multilink.

Sebagai catatan, Mitsubishi telah berpartisipasi 26 kali di Reli Dakar dengan versi Pajero yang berbeda, mengumpulkan 12 kemenangan dengan rekor tujuh kemenangan berturut-turut antara tahun 2001 dan 2007.

Pemilik baru Pajero Evo 1997 ini akan memiliki hak ekstra untuk menyombongkan diri karena Mitsubishi mendominasi posisi empat besar di Dakar, baik pada 1997 maupun 1998.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS