page hit counter
Mengatasi Kemiskinan, Gubernur NTB Ajak Manfaatkan UKM Lokal

Mengatasi Kemiskinan, Gubernur NTB Ajak Manfaatkan UKM Lokal

Berita Mataram – Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat saat ini di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yaitu pengangguran dan kemiskinan. Permasalahan tersebut membutuhkan sebuah terobosan dari seorang kepala daerah agar dapat diminimalisir.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE. M.Sc menganggap permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara industrialisasi, yaitu proses untuk menghadirka industri yang kuat di dalam perekonomian khususnya NTB. Industri yang kuat ini akan menghadirkan produk-produk lokal yang dapat membuat ekonomi mandiri. Ini disampaikan beliau saat melakukan silaturrahmi dengan Ikatan Kepala Desa Se-Lombok Timur di Ruang Rapat Gubernur NTB.

Dalam kesempatan yang sama, Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB mengharapkan agar semua pemerintah mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga tingkat Desa untuk dapat memanfaatkan produk UKM masing-masing. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti, UKM lokal membutuhkan pasar yang dapat terus menopang dan menjalankan industri mereka.

Bang Zul memberi contoh program JPS Gemilang yang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi NTB dengan memanfaatkan produk-produk hasil industri lokal sebagai bahan-bahan dalam paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat. Hal tersebut membuat industri lokal tetap berjalan, sehingga sedikit tidak meminimalisir dampak ekonomi dan sosial di masa pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, tidak lupa Bang Zul berpesan kepada seluruh Kepala Desa yang hadir agar tetap mengaktifkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan catatan mengisi dengan produk lokal yang dimiliki oleh masing-masing Desa. Menurutnya promosi produk lokal harus dilakukan mulai dari tingkat Desa kepada warganya sendiri barulah ke mancanegara.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS