page hit counter
Menderita diabetes? Camilan ini tetap bisa kamu konsumsi

Menderita diabetes? Camilan ini tetap bisa kamu konsumsi

Camilan penderita diabetes foto: Pixabay

Diabetes adalah penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah (atau gula darah) dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, hingga saraf.

Menurut World Health Organization (WHO), setidaknya 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, dan 1,6 juta kematian diakibatkan oleh penyakit ini setiap tahunnya.

Data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017 menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetes sebanyak 10,3 juta jiwa.

Jika tidak ditangani dengan baik, WHO memperkirakan angka diabetes di Indonesia akan melonjak drastis menjadi 21,3 juta jiwa pada 2030.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes adalah dengan mengatur pola makan serta asupan yang sehat dan berimbang. Bagi para penderita diabetes, tak usah bersedih! Kamu masih bisa menikmati 5 camilan sehat seperti berikut:

Apel

Ilustrasi Apel foto: Pixabay
Ilustrasi Apel foto: Pixabay

Menurut American Diabetes Association (ADA), mengonsumsi apel masih bisa dilakukan bagi penderita diabetes tipe 1 dan 2. Meski memiliki kandungan gula dan karbohidrat, namun gula pada apel merupakan jenis fruktosa yang berbeda dengan makanan kemasan pada umumnya.

Terdapat rata-rata 25 gram kandungan karbohidrat dalam satu buah apel ukuran sedang, dan 19 g di antaranya merupakan gula. Selain itu, indeks glikemik apel juga rata-rata mencapai angka 36, yang mana berpengaruh kecil bagi insulin dan kadar gula tubuh.

Seperti diketahui, skor 0-100 pada indeks glikemik mengindikasikan makanan tersebut masih aman dikonsumsi serta tidak menyebabkan lonjakan gula darah drastis.

Telur

Telur ayam kampung
Telur ayam kampung Foto: Istimewa

Telur juga masih aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Namun, perlu menjadi catatan bahwa telur memiliki kadar kolesterol yang tinggi dengan rata-rata mencapai 200 g.

Penyakit diabetes sendiri rentan mempengaruhi keseimbangan antara LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh. Maka mengkonsumsi telur dikhawatirkan dapat meningkatkan level kolesterol sehingga berdampak pada kesehatan jantung.

American Diabetes Association sendiri merekomendasikan agar penderita diabet mengkonsumsi kurang dari 300 mg kolesterol per hari.

Almond

Almond foto: Pixabay
Almond foto: Pixabay

Hasil studi yang dilakukan pada 2011 lalu menunjukkan bahwa konsumsi almond selama 12 minggu oleh penderita diabetes tipe 2 dapat memberikan dampak yang baik bagi gula darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Kesimpulan serupa juga diperoleh dari studi terbaru yang dilakukan pada 2017 dengan melibatkan partisipan penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi almond lebih dari 24 minggu.

Almond memang dapat mengurangi level kolesterol LDL yang dapat menyumbat arteri. Selain itu, jenis kacang yang satu ini juga meningkatkan lipoprotein densitas tinggi.

Pisang

Pisang foto: Pixabay
Pisang foto: Pixabay

Pisang juga memiliki rata-rata skor indeks glikemik yang rendah, yaitu 55 atau kurang. Dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi pisang masih dapat dilakukan bagi penderita diabetes, asal dengan porsi yang tidak berlebihan. Pisang juga mengandung vitamin, mineral, serta serat yang baik bagi tubuh.

Sebuah studi pada 2014 dilakukan dengan memberi 250-500 gram pisang untuk sarapan kepada 15 orang penderita diabetes tipe 2. Hasilnya, mereka menemukan bahwa tidak ada efek signifikan terkait glukosa darah pada partisipan.

Yogurt

Strawberry Banana Yogurt foto: Delicyo
Strawberry Banana Yogurt foto: Delicyo

Penderita diabetes tipe 2 cenderung memiliki tingkat inflamasi di tubuh yang tinggi. Inflamasi kronis sendiri dapat menyebabkan beberapa komplikasi, seperti penyakit jantung serta stroke.

Yogurt sendiri merupakan salah satu sumber kalsium, vitamin D, potasium, dan protein yang baik bagi tubuh. Bahkan jenis yogurt tertentu juga dapat meningkatkan kontrol gula darah.

Namun Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kesehatan, terkait kadar konsumsi yogurt yang diperbolehkan bagi penderita penyakit diabetes setiap harinya.

Selain memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, yogurt juga mudah untuk dikonsumsi dan dikombinasikan dengan berbagai macam makanan dan minuman.

Nah, kamu bisa nikmati semua kebaikan yogurt di Delicyo. Delicyo merupakan produk yogurt dengan bulir pertama di Indonesia dan memiliki berbagai varian rasa seperti Strawberry Banana (with Nata De Coco), Pomegranate (with Basil Seeds), Blueberry (with Basil Seeds), Delicyo Spoonable Yogurt Aloe Vera, dan Delicyo Spoonable Yogurt Blueberry.

Tak hanya enak, Delicyo juga tinggi vitamin B, serat, dan bebas dari lemak seperti yang tertera pada kolom nutrition fact.

Kamu bisa #NikmatiSensasinya Delicyo yogurt dengan membelinya di berbagai marketplace kesayangan kamu.

Hidup sehat dengan Delicyo Yogurt? Yuk, mulai dari sekarang!

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS