page hit counter
Masuk ke Indonesia, segini harga mobil nasional Vietnam Vinfast

Masuk ke Indonesia, segini harga mobil nasional Vietnam Vinfast

Mobil listrik Vinfast

Industri otomotif nasional akan semakin meriah dengan hadirnya produsen otomotif baru yakni VinFast yang akan masuk ke Indonesia. Mobil nasional asal Vietnam tersebut dikenal cukup populer dan telah di pasarkan ke banyak negara dengan harga mobil Vinfast menarik.

VinFast sendiri menjadi produsen mobil nasional merupakan merek mobil yang dikembangkan oleh perusahaan real estate terbesar di Vietnam, Vingroup. Vingroup memiliki ambisi untuk memproduksi 500.000 kendaraan di Vietnam pada 2025. Vingroup mengumumkan hal tersebut pada 2017 lalu.

Untuk menjalankan rencana itu, VinFast mendapatkan pinjaman dana hingga US$ 800 juta dari Credit Suisse Group. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun fasilitas perakitan di kota Haiphong. Pabrik tersebut memproduksi mobil bensin dan listrik, yang akan dipasarkan di Vietnam dan luar negeri.

Mobil listrik Vinfast
Mobil listrik Vinfast Foto: Rushlane

Produsen otomotif yang memulai dari startup asal Vietnam, kembali menggebrak pasar dengan meluncurkan mobil listrik murah. Dengan harga murah, Vinfast akan mengundang kesedihan produsen mobil lain sedih karena banderolnya.

Harga yang ditawarkannya bukan kaleng-kaleng, karena Vinfast e34 merupakan pengembangan yang dilakukan produsen Vinfast di Vietnam untuk pasar global yang banyak didominasi produsen Jepang dan Eropa.

Harga mobil listrik murah Vinfast e34

Dengan teknologi berbasis mobil listrik, produsen Vinfast menawarkan e34 dengan harga sangat terjangkau yakni 590 juta VND dengan nominal setara Rp350 juta-an.

Harga tersebut sangat murah, bahkan setara dengan harga mobil konvensional yang banyak ditawarkan di tanah air namun belum memiliki penggerak motor listrik.

Mobil listrik baru di Vietnam ini berukuran panjang 4.300mm, lebar 1.793mm, dan tinggi 1.613mm dengan wheelbase 2.611mm. Ground clearance 180mm dan total bobot trotoar 1.490 kg.

Dua produk terbaru Vinfast
Vinfast luncurkan dua produk terbarunya Foto: Oto.Vinfast

Vinfast Electric Car Muncul dengan beberapa fitur berorientasi pengemudi bersama dengan pembaruan perangkat lunak jarak jauh, dukungan pelanggan jarak jauh, layanan penyelamatan darurat dengan lokasi stasiun pengisian terdekat dan dealer resmi, status pelacakan baterai, riwayat pengoperasian kendaraan dan peringatan pencurian.

E34 ditenagai oleh motor listrik dan menggunakan baterai 42 kWh yang menghasilkan tenaga 110 kW dan torsi 242 Nm dan menawarkan jangkauan 300 km dengan pengisian penuh.

Ini menerima suspensi depan MacPherson dan suspensi belakang melalui batang torsi. VinFast menawarkan garansi 10 tahun dengan VF e34.

Mobil listrik
Mobil listrik Foto: Rushlane

Berbeda dengan penjualan mobil dengan aki konvensional, VinFast juga memasuki layanan persewaan aki. Vinfast Electric Car Ini akan menguntungkan pelanggan karena VinFast akan menanggung semua risiko kualitas dan masa pakai baterai dan jika baterai menerima muatan di bawah 70 persen, hal yang sama dapat ditukar dengan baterai baru.

Pengisian baterai dapat dilakukan di rumah pemilik atau di stasiun pengisian VinFast. Pengisian daya selama 15 menit akan memungkinkan jarak perjalanan sejauh 180 km.

VinFast akan menyiapkan stasiun pengisian cepat di Vietnam. Perusahaan menargetkan sekitar 40.000 titik pengisian mobil listrik di 63 provinsi dan kota hingga akhir tahun ini. Vinfast Electric Car Global Automotive Merek VinFast ditetapkan untuk menjadi merek mobil berteknologi global. Hanya setelah 3 tahun beroperasi, sejak diluncurkan pada 2017, perusahaan merencanakan tiga model EV pintar – VF31, VF32 dan VF33 dan akan menerima pesanan dari pasar global mulai akhir 2021.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS