page hit counter
Masa Depan Penyiaran Lokal di NTB Dari Sudut Pandang Ahmad Efendi

Masa Depan Penyiaran Lokal di NTB Dari Sudut Pandang Ahmad Efendi

Jurnalisme warga dapat menjadi jalan keluar atas stagnannya dunia siaran lokal di NTB. Radio dan TV lokal dapat mengambil tema ini sebagai salah satu program bagi menaikkan daya ungkit siaran. Bagaimanapun juga jurnalisme warga merupakan tema yang melekat pada masyarakat sebagai pendengar dan pemirsa.

Masyarakat tidak hanya dikenai perlakuan siaran tetapi juga harus menjadi subyek dalam siaran. Ini harus diinisiasi agar ada partisipasi masyarakat di dalam siaran itu sendiri. Diyakini pembangunan apa pun yang tidak melibatkan partisipasi masyarakat di dalamnya cepat atau lambat akan mengalami stagnasi atau kemunduran. Oleh karenanya masyarakat harus diberikan ruang untuk dapat menjadi subyek di samping mereka sebagai obyek siaran.

Jurnalisme warga dapat menjadikan masyarakat sebagai pelaku siaran. Ini dapat menjadi pintu masuk untuk mendapatkan perhatian publik secara luas sekaligus untuk merebut kembali simpati masyarakat akan perhatiannya kepada media siar lokal. Dengan demikian perlahan tetapi pasti masyarakat akan kembali menjadikan media siaran lokal sebagai arus utama informasi.

Jurnalisme warga berisi semua laporan (informasi) dan persoalan keseharian warga masyarakat. Media siaran Radio/TV lokal seolah menjadi terminal bagi semua masyarakat di dalam menyampaikan informasi dan persoalan kesehariannya. Mulai dari persoalan kemacetan lalu lintas, kondisi keamanan publik, dan semua persoalan-persoalan yang menyangkut masyarakat lainnya.

Tentu saja ini sangat menarik perhatian pihak-pihak terkait dalam hal ini pemerintah beserta jajarannya. Bagaimanapun juga informasi dan laporan yang disampaikan secara luas dapat menjadi stressing sekaligus motivasi yang kuat bagi mereka untuk segera menindaklanjuti semua informasi dan laporan yang dipublish secara luas oleh warga masyrakat dengan mengudara di media siar. Seperti tidak ada jalan untuk beralibi lagi bagi pihak-pihak terkait kecuali menindaklanjuti dan menyelesaikan informasi dan laporan warga masyarakat.

Di sinilah ruh dari penyiaran ke depannya. Jika tidak demikian penyiaranan akan mengalami stagnasi, karena harus disadari hidup dan matinya dunia siaran bergantung pada ada tidaknya persinggungannya dengan masyarakat luas. Dalam arti seberapa besar keterkaitan dunia siaran dengan masyarkat luas. semakin kuat kaitan itu maka semakin besar ketergantungan masyarakat terhadap dunia siaran tersebut, sehingga ada saling kerja sama antara dunia siaran dan masyarakat luas secara sadar dan terencana.

Agen Industrialisasi

Media siaran local dapat menjadi penggiring opini dalam kaitannya dengan pentingnya masyarakat menjadi pelaku atau pemain dalam rantai produksi. Media siaran harus ambil bagian dalam rangka terus mendorong industrialisasi masyarakat NTB. Bagaimanapun juga industrialisasi merupakan salah satu program unggulan dari pemerintahan Bang Zul-Ummi Rohmi.

Program unggulan ini dapat menjadi pintu masuk untuk mensejahterakan masyarakat apabila juga didukung oleh banyak pihak. Dalam hal ini dunia siaran tentu dapat berperan maksimal agar dapat menjadi pioneer dalam rangka memberikan sosialisasi, edukasi dan promosi pentingnya industrialisasi dalam rangka mewujudkan pasar local yang bergairah bagi masyarakat local pula.

Dalam hal ini media siar seperti radio dan TV lokal dapat bekerjsama dengan semua IKM/UMKM di NTB dalam rangka memperbanyak promosi guna memberikan pencerahan-pencerahan kepada masyarakat akan arti pentingnya industrialisasi. Muaranya jelas agar masyarakat mempunyai kesadaran tinggi arti dari penciptaan pasar. Bahwa maju mundurnya produk ditentukan juga oleh pasarnya. Dalam hal ini pasar produk industrialisasi lokal bagi masyarakat lokal.

Adanya komisi siaran (KPID) dalam hal ini bisa menjadi fasilitator untuk menjembatani terciptanya siaran yang lebih baik kedepannya. Bagaimanapun KPID dapat menjadi regulator, pengawas dan pengembang media siaran. Oleh karenanya KPID sangat menentukan wajah dunia siaran daerah ke depannya.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS