page hit counter
Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe Jadi YouTuber

Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe Jadi YouTuber

Kabar mantan Perdana Menteri Shinzo Abe membuka saluran YouTube tengah menjadi topik hangat di Jepang, usai memutuskan mundur dari jabatannya sejak September 2020 lalu. Pemilihan umum sendiri semakin dekat di Jepang, dan banyak orang yang berasumsi tentang siapa sosok yang akan menjadi perdana menteri berikutnya.

Namun, kehadiran Shizo Abe tidak untuk ikut serta dalam pemilihan Perdana Menteri Jepang yang akan datang. Politisi berusia 67 tahun tersebut hanya mengirim salam hangatnya kepada semua orang dan menyatakan misinya untuk membagikan pandangannya di platform streaming.

Shinzo Abe memposting video pertamanya di saluran YouTube resminya pada tanggal 19 Oktober. Menurut laporan dari media lokal seperti Kyodo News, mantan Perdana Menteri itu juga menyelesaikan pendaftaran sebagai kandidat untuk pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat yang akan diadakan pada akhir bulan ini di Kota Shimonoseki, Prefektur Yamaguchi, di tanggal yang sama dengan peluncuran video pertamanya.

‘Abe Shinzo Channel’ mendapatkan popularitas dengan lebih dari 170.000 subscribers  hanya dalam dua hari pembukaan. Setelah membuka saluran tersebut, mantan Perdana Menteri Abe membagikan video berdurasi 42 detik berjudul ‘Pada pembukaan saluran resmi’.

Dalam video tersebut, mantan Perdana Menteri Shinzo Abe menyapa dengan setelan jas dan berkata, “Sudah waktunya untuk mengubah metode yang ada karena ini adalah pra-pemilihan dalam situasi Corona 19.” Kemudian, ia menjelaskan alasan membuka YouTube, dengan mengatakan, “Setelah merenungkan bagaimana menyampaikan pemikiran dan ideologi saya serta menjelaskan kebijakan, saya berpikir bahwa saya juga harus menggunakan SNS.”

Video tersebut menarik perhatian begitu banyak orang sehingga memiliki lebih dari 560.000 penayangan dalam waktu dua hari setelah dirilis.

Video berdurasi satu menit dan tujuh detik kedua berjudul ‘Untuk semua orang di Kota Shimonoseki dan Kota Nakato’, yang diunggah berikutnya, berisi permohonan dukungan dari para pemilih di daerah pemilihannya. Video itu juga mengumpulkan hampir 150.000 view sejak satu hari setelah diposting.

Tapi, apa yang dilakukan Abe ini menuai banyak komentar dari netizen, meski video YouTube-nya sendiri menonaktifkan kolom komentarnya, namun mereka menyuarakan pendapat mereka di tempat lain secara online. “Dia akan menjadi YouTuber terbesar yang pernah ada!,” hingga “Apakah dia akan bernyanyi?.”

Mantan Perdana Menteri Abe telah mengundurkan diri pada September tahun lalu karena memburuknya kolitis ulserativa kronis. Sejak saat itu, ia tidak lagi memegang jabatan tertentu, namun tetap mempertahankan posisinya sebagai anggota DPR dari LDP. 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS