page hit counter
Mantan Menteri SBY terus belain Taliban: Indonesia tak perlu ragu

Mantan Menteri SBY terus belain Taliban: Indonesia tak perlu ragu

Taliban. Foto: The Denver Post

Efek Taliban kuasai Afghanistan diiringi dengan narasi buruk kelompok yang berhasil kudeta pemerintahan Presiden Ashraf Ghani tersebut. Nah mantan Menteri SBY terus belain Taliban lho. Ada mantan anak buah SBY berpandangan biarkan saja Taliban membentuk pemerintahannya.

Usai mengusai Afghanistan, kelompok Taliban langsung menyatakan akan membentuk pemerintahan baru. Nah bentuk negara yang akan dikelola Taliban dalah Emirat Islam Afghanistan. Banyak yang menganalisis bagaimana nanti dampak Taliban setelah memerintah Afghanistan, apakah akan seperti dua dekade lalu atau sudah berubah.

Mantan Menteri SBY bela Taliban

MS Kaban
MS Kaban. Foto Instagram @adamfawara1

Mantan Menteri SBY, Malem Sambat kaban membelai Taliban dari narasi yang terus menerus menyudutkan kelompok ini. MS Kaban mengatakan narasi yang menyudutkan Taliban sudah kelewatan gitu.

“Framming terlalu berlebihan terhadap Taliban, mereka berjuang sesuai keadaan di Afghanistan. Mereka membentuk pemerintahan itu hak mereka,” tulis mantan Menteri Kehutanan rezim Presiden SBY itu dalam cuitannya di Twitter, dikutip Sabtu 21 Agustus 2021.

Dalam cuitan lainnya, MS Kaban mendorong pemerintah RI untuk tak ragu menjalin hubungan diplomatik dengan rezim Taliban di Afghanistan saat ini.

Alasannya, dulu saja pada pemerintah Indonesia mengakui pemerintahan Afghanistan yang sebelumnya dipimpin oleh rezim pro komunis pada kurun 1987-1992.

Kaban menegaskan pemerintah RI jangan ragu untuk apresiasi rezim Taliban.

“Pemerintah RI tidak perlu ragu utk menyatakan pengakuan Pemerintahan Republik Afghanistan bentukan Taliban. Sejak pemerintahan Kabul dikuasai Presiden Najibullah (sejak 1987) pro komunis dukungan Sovyet. Pemerintah RI apresiasi perjuangan Rakyat Afghanistan lawan komunis,” kata Kaban yang merupakan Ketua Presidium Majelis Permusyawaratan Pribumi Indonesia.

Nah menurutmu pendapatmu gimana Sobat Hopers?

Selamati Taliban

Kelompok Taliban. Foto: CNBC
Kelompok Taliban. Foto: CNBC

Beberapa hari lalu MS Kaban nggak ragu menyelamati Taliban sukses kuasai Afghanistan. MS Kaban mencuit soal Taliban pada 14 Agustus kemarin. Dia bersyukur Taliban berhasil kudeta pemerintahan Ashraf Ghani yang merupakan boneka dari Amerika Serikat.

Kala itu, Kaban penasaran akankah Taliban akan membentuk Republik Islam Taliban atau bagaimana.

“Syukur Alhamdulillah Taliban menguasai Afghanistan. Akankan Taliban prokalmirkan Republik Islam Taliban. Sejarah baru ASIA tengah sedang menuju perubahan besar,” tulis Kaban di akun Twitternya, pada 14 Agustus lalu.

Dua hari kemudian, MS Kaban juga mencuit selamat kepada Taliban atas gerakannya menjungkalkan pemerintahan Afhganistan. Dalam cuitan kedua ini, Kaban berharap Afghanistan menjadi lebih baik dengan dasar Islam.

“Selamat bagi Taliban utk Afghanistan yang lebih adil dan beradab sejalan dgn Quran Sunnah wujudkan Perdamaian dunia,” tulis Kaban.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS