page hit counter
Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi, Kadis Puji Milik SMAN 2 Praya

Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi, Kadis Puji Milik SMAN 2 Praya

Lombok Tengah – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB kembali mengadakan Lomba Perpustakaan tingkat Provinsi. Lomba Perpustakaan ini merupakan program tahunan dari Perpustakaan Nasional, yang kali ini diadakan di tingkat SMA/SMK/MA se-NTB. Adapun yang menjadi penilaian dalam lomba ini adalah kelengkapan administrasi, struktur organisasi, koleksi buku, sarana dan prasarana, dll.

Hari Senin tanggal 24 Mei 2021 kemarin, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan kunjungan awal penilaian Lomba Perpustakaan di SMAN 2 Praya. Kunjungan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi NTB Bapak Julmansyah, S.Hut., M.AP.beserta tim penilai dari provinsi, ditemani juga oleh Bapak Drs. L. Rinjani, M.Si, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Tengah dan Bapak Nur Ahmad, M.Pd KCD Dikbud Lombok tengah.

Kedatangan beliau disambut hangat oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Praya Bapak Mazhab, S.Pd dan Kepala Perpustakaan SMAN 2 Praya, Tim IT L. Dedi Purnawan, S.Pd beserta tim kepanitiaan lainnya. Beliau disambut dengan tari penyambutan oleh Sanggar Rengganis sekaligus pengalungan kain songket dan diiringi juga oleh musik cilokaq yang didendangkan oleh siswa SMAN 2 Praya. Acara penyambutan tersebut tidak terlepas dari Protokol Kesehatan untuk menghindari penyebaran virus.

“Dari beberapa sekolah di kabupaten atau kota di NTB ini, SMAN 2 Praya adalah sekolah pertama yang saya kunjungi. Saya kagum dengan konsep berbasis spot destinasi wisata dan kearifan lokal. Mejanya juga bagus ala-ala angkringan dan sepertinya nyaman kalau membaca disana.” Ungkap pak Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB Pada Hari Senin 24/05/2021.

Berbagai macam konsep yang digunakan oleh masing-masing sekolah untuk menarik minat baca siswa-siswanya. Tujuannya hanya ingin menambah pengetahuan siswa-siswinya. Sama halnya seperti yang dilakukan oleh SMAN 2 Praya tersebut, mengemas perpustakaan dengan konsep spot destinasi wisata dan kearifan lokal yang tentunya sangat menarik sekali.

“Konsep seperti itu memang sengaja kami buat, kami mengambil konsep tempat baca yang bisa membuat nyaman dan aman, karena rata-rata kita semua ketika berada di tempat wisata akan merasakan kenyamanan, sehingga terlintas konsep spot destinasi wisata dan kearifan lokal tersebut.” Ujar Pak Gambar Aryadi, S.Pd selaku Kepala Perpustakaan SMAN 2 Praya.

Perpustakaan SMAN 2 Praya memang dikenal kreatif dari segi pengemasan tata ruangnya. Buku-buku tersimpan dengan rapi, serta sarana dan prasarana yang pastinya membuat siswa-siswinya nyaman saat membaca disana.

“Kami sangat senang sekali atas kedatangan pak Kadis. Harapannya semoga Perpustakaan SMAN 2 Praya bisa mewakili NTB di tingkat Nasional.” Lanjut Pak Gambar Aryadi, S.Pd.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS