page hit counter
Lima Gejala Kanker Rahim yang Wajib Diwaspadai Sejak Dini

Lima Gejala Kanker Rahim yang Wajib Diwaspadai Sejak Dini

Penyakit kanker rahim atau sering juga disebut dengan kanker uterus merupakan tumor yang sangat ganas dan tumbuh dengan cepat di bagian rahim. Biasanya kanker ini sering terjadi pada wanita yang berusia 50 tahun atau lebih. Kanker ini terjadi akibat pertumbuhan dari sel sehat yang ada di dalam rahim berkembang dengan berlebihan bahkan tidak terkontrol. Perkembangan sel ini bisa menjadi benjolan atau tumor ganas yang memberikan dampak buruk bagi rahim itu sendiri. Bahkan, bila dibiarkan dalam waktu yang sangat lama maka kanker ini akan menjalar ke bagian tubuh lainnya dan menyerang organ tubuh. Ini yang membuat banyak wanita harus mengenali lebih dalam tentang gejala kanker rahim.

5 gejala kanker rahim yang harus diketahui

Masing-masing wanita yang berpotensi sebagai penderita harus memahami berbagai gejala kanker rahim. Apalagi setiap individu memiliki gejala yang sangat berbeda dan bergantung pada kondisi seluruh tubuh. Selain itu, usia dari penderita juga mempengaruhi gejala yang dialami. Bahkan, pada wanita yang memasuki periode menopause akan mengalami gejala yang sangat berbeda. Hal ini yang membuat seluruh gejala kanker rahim harus dipahami dengan benar. Beberapa gejala dari penyakit kanker rahim yang patut diwaspadai seperti:

1. Pendarahan yang tidak normal pada organ intim

Ini merupakan salah satu dari gejala kanker rahim yang paling sering terjadi. Apalagi pendarahan ini kerap berlangsung di luar masa menstruasi. Selain itu, potensi dari pendarahan ini juga disesuaikan dengan kondisi tubuh. Pada kasus tertentu, pendarahan bisa terjadi pada usia yang memasuki menopause. Tentu saja kondisi yang tidak normal ini akan menjadi tanda bahwa terjadi hal yang tidak normal pada rahim. Biasanya pendarahan ini berlangsung dalam waktu yang cukup singkat. Namun, pada beberapa wanita juga terjadi untuk waktu yang lebih lama.

2. Kurang darah

Gejala lain yang sering timbul akibat penyakit kanker ini tentu saja kurang darah atau anemia. Gejala ini terjadi akibat pendarahan yang tidak berhenti dalam waktu cukup lama. Selain itu, kondisi tubuh juga mengalami penurunan yang sangat drastis akibat kekurangan darah. Hal ini juga diikuti dengan bagian wajah yang terlihat sangat pucat hingga kantung mata yang cukup lebar. Gejala ini tidak langsung bisa teratasi dengan mengkonsumsi vitamin penambah darah saja.

3. Kondisi tubuh menurun secara tiba-tiba

Tentu saja ini menjadi gejala yang paling berpengaruh pada kondisi tubuh penderita. Penyakit kanker ini akan membuat kondisi tubuh menurun secara tiba-tiba. Bahkan, pada waktu tertentu penderita akan mengalami lemas hingga pingsan. Perubahan kondisi yang sangat tidak stabil ini membuat seluruh metabolisme dalam tubuh bisa berhenti untuk waktu yang cukup lama. Kondisi ini akan sangat menganggu kesehatan tubuh.

4. Sakit kepala berlebih

Gejala lain yang paling sering terjadi adalah sakit kepala yang tidak bisa ditahan lagi. Kondisi seperti ini sering terjadi dengan sangat berlebihan. Bahkan, pada beberapa kasus wanita yang mengalami gejala kanker ini akan berlangsung dalam waktu yang sangat lama. Biasanya sakit ini juga disertai dengan rasa mual yang cukup perih.

5. Sesak napas yang terjadi berulang kali

Sebenarnya gejala seperti ini juga kerap terjadi pada wanita yang mendapati penyakit kanker ini. Sesak napas atau asma pada penderita akan berlangsung berulang kali. Kondisi seperti ini akibat radang pada saluran pernapasan hingga pencernaan yang tidak stabil.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS