page hit counter
Lima Alternatif Bisnis yang Bisa Dilakukan di Tengah Pandemi Covid-19

Lima Alternatif Bisnis yang Bisa Dilakukan di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) kian merajalela, di Provinsi NTB sendiri tercatat sudah lebih dari seratus orang terpapar virus corona. Hal ini berdampak pada berbagai sektor, salah satunya adalah sektor ekonomi yang terpukul akibat adanya kebijakan social distancing dan physical distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Banyak pengusaha kecil dan menengah bertumbangan akibat tidak mampu membiayai operasional mereka, sedangkan pemasukan terus menurun.

Apabila kita melihat dari kacamata musibah, pandemi virus corona ini adalah sebuah bencana non alam yang tidak dapat dihindari, namun di setiap kesulitan, selalu ada jalan dan peluang yang menyertai. Ada banyak peluang bisnis yang dapat dijalankan selama masa pandemi virus corona ini, dengan mengikuti standar protokol penanganan Covid-19 tentunya.

Berikut ini lima alternatif bisnis yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona seperti saat ini yang tentunya aman bagi produsen maupun konsumen.

1. Katering Makanan Rumahan Online
Salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi setiap saat adalah makan. Di tengah pandemi seperti saat ini, banyak warga yang sedikit over protective dengan diri mereka sendiri seperti menerapkan social distancing dan physical distancing secara berlebihan. Akibatnya mereka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari memanfaatkan media online. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan membuka usaha katering harian dengan sistem pemasaran maupun pemesanan secara online.

Dasar konsepnya sederhana, yaitu seperti sebuah warung dengan menyediakan menu-menu makanan rumahan yang menarik. Mungkin banyak yang akan membandingkan dengan usaha warung / restaurant yang sudah ada dengan menggunakan aplikasi GoFood ataupun GrabFood. Yang perlu diingat adalah, dimana ada usaha disitu ada jalan, apa salahnya mencoba usaha katering makanan rumahan dengan segmentasi pasar menengah ke bawah dan mereka yang suka dengan masakan ala rumahan.

2. Minuman Kesehatan Tradisional
Masih membahas tentang konsep berjualan secara online. Salah satu produk yang laris di pasaran pada masa pandemi virus corona saat ini adalah minuman kesehatan tradisional. Minuman dari campuran bahan-bahan tradisional seperti jahe, temulawak, lemon dan sebagainya. Kebutuhan akan minuman tradisional ini meningkat akhir-akhir ini, namun menurut survey di lapangan, di Kota Mataram sendiri hanya sedikit yang berjualan jenis produk seperti itu.

3. Jasa Belanja Sembako dan Kebutuhan Pasar
Di tengah pandemi virus corona ini, mungkin sebagian warga akan parno mendengar kata pasar. Karena yang muncul di benak kita ketika mendengar kata tersebut adalah pusat keramaian, dimana orang-orang berlalu lalang tanpa menghiraukan soal social distancing maupun physical distancing. Namun kebutuhan akan sembako dan juga kebutuhan lainnya yang terkait dengan pasar adalah wajib.

Kesempatan ini dapat dijadikan sebagai sebuah usaha menyediakan jasa belanja sembako dan juga kebutuhan pasar lainnya, seperti sayuran, daging, bumbu dapur dan lainnya. Di Kota Mataram sendiri ada beberapa pengusaha yang sudah menjalankan peluang ini, contohnya adalah apa yang dilakukan oleh WarungBersama.id dan juga PasarBertais.com. Mereka menyediakan katalog produk lengkap dengan harga. Pemesanan dapat dilakukan secara online dan diantar langsung ke rumah pembeli.

4. Jasa Cuci Mobil dan Motor Online
Salah satu hal yang harus dijaga selama masa pandemi Covid-19 saat ini adalah soal kebersihan. Kebersihan ini tidak hanya berlaku bagi tubuh saja, melainkan kebersihan rumah dan juga kendaraan. Untuk urusan kebersihan kendaraan, selama ini kita selalu berpikir hal tersebut dapat dilakukan di beberapa tempat pencucian mobil dan motor saja. Namun sekali lagi, banyak warga yang over protective terhadap dirinya sendiri dengan cara menerapkan konsep #StayAtHome dengan cara ketat. Untuk itu usaha pencucian kendaraan secara online ini cukup menjanjikan.

5. Seminar Online (Webinar)
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terpukul saat ini. Seluruh kegiatan pariwisata ditiadakan. Hal tersebut tentunya berdampak pada segala bisnis yang berhubungan dengan pariwisata salah satunya adalah Event Organizer. Pihak yang berwenang sudah tentu tidak akan memberikan izin apapun terkait dengan penyelenggaraan event di tengah pandemi virus corona seperti saat ini. Namun demikian, saat ini banyak warga yang tetap membutuhkan ilmu-ilmu serta motivasi yang biasa mereka dapatkan dalam seminar atau workshop.

Hal ini adalah sebuah peluang bagus dengan menjalankan sebuah seminar berbasis online (webinar). Sebuah seminar yang melibatkan narasumber yang bagus dengan memanfaatkan media streaming baik itu seminar gratis ataupun berbayar.

Itu tadi lima alternatif bisnis yang bisa dilakukan selama masa pandemi virus corona khususnya di Kota Mataram. Semua peluang bisnis tersebut bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan smartphone. Dalam kondisi seperti ini, selain menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan, salah satu hal yang terpenting adalah dengan menjaga cashflow agar tetap berjalan dengan memanfaatkan kreatifitas.

CATEGORIES
TAGS
Share This