page hit counter
Lembaga Halal Center UIN Mataram adakan TOT Pendampingan Sertifikasi Halal

Lembaga Halal Center UIN Mataram adakan TOT Pendampingan Sertifikasi Halal

Lembaga Halal Center Univeritas Islam Negeri Mataram mengadakan TOT (Training of Trainer) Dosen Pembimbing Lapangan : Mahasiswa Pendamping Proses Produk Halal (PPH). Acara ini adalah tindak lanjut dari surat Kementerian Agama RI tentang Pelatihan Auditor Halal tahun 2022, di mana Kementerian Agama menargetkan akan ada 100.000 orang pendamping proses produk halal (PPH). UIN Mataram melalui lembaga Halal Center merespon dengan membuat pelatihan terbatas bagi dosen-dosen di lingkungan UIN Mataram yang targetnya adalah menghasilkan dosen yang ahli di bidang pendampingan proses produk halal (PPH) khususnya di wilayah NTB.

Acara ini dihadiri beberapa pejabat kampus di antaranya Kepala Biro UIN Mataram Drs. H. Subuhi, M.Pd.I, Ketua Halal Center sekaligus Dekan fakultas Syariah UIN Mataram Dr. Moh. Asyiq Amrulloh, M. Ag, Anggota Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr. H. Ahmad Muhasim, S. Ag, M.H.I dan Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Halal Center Ibu Dr. Hj. Teti Indrawati, M. Hum. Laporan ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dr. Hj. Teti Indrawati menyatakan bahwa acara ini terselenggara berkat support langsung dari Bapak Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun, M. Ag dan dihadiri peserta sebanyak 50 orang dosen dari seluruh fakultas yang ada di UIN Mataram. Acara akan berlangsung selama 4 hari dari Senin – Kamis dan akan ada tes bagi setiap peserta untuk menguji keberhasilan TOT yang dilaksanakan.

Lima Puluh Dosen dari Seluruh Fakultas yang ada di UIN Mataram Mengikuti TOT Pendampingan Sertifikasi Halal

Sementara itu sambutan dari Ketua Halal Center UIN Mataram Dr. Moh. Asyiq Amrulloh menyatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk sinergi UIN Mataram dengan Kementrian Agama dalam membantu masyarakat untuk bisa memproses sertifikasi halal setiap produk yang dimiliki. Sehingga pelatihan seperti ini sangat penting dilaksanakan. Terpisah KaBiro UIN Mataram Drs. H. Subuhi, M.Pd.I menyampaikan bahwa TOT halal seperti ini penting bagi para dosen – dosen UIN Mataram, sebab dosen merupakan representasi terdekat masyarakat atas lembaga UIN Mataram. Sehingga diharapkan dosen-dosen ini dapat menjadi pilar-pilar dalam membantu proses sertifikasi halal di masyarakat. Selain itu beliau berharap pelatihan ini juga berdampak pada mahasiswa yang akan melakukan KKP (Kuliah Kerja Partisipatif), di mana mahasiswa juga dapat menjadi pendamping PPH di lokasi tempat KKP-nya.

Lembaga Halal Center UIN Mataram berfokus pada adanya sinergitas antara kampus, dosen, mahasiswa dan masyarakat dalam hal mendukung kerja pemerintah dan Kementerian Agama RI di bidang sertifikasi halal khususnya di wilayah Nusa Tenggara Barat. Sehingga ke depan produk-produk masyarakat baik produksi rumahan ataupun industri dapat beredar luas di masyarakat dengan kepastian jaminan halalannya.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS