page hit counter
Kuil Kiyomizu-dera Kyoto Dibuka Pada Malam Hari Selama Musim Gugur

Kuil Kiyomizu-dera Kyoto Dibuka Pada Malam Hari Selama Musim Gugur

Sebagai salah satu kuil terindah di Jepang, dalam tiga kali setahun, Kuil Kiyozumi-dera yang menghadap ke kota Kyoto selalu menjadi tujuan wisata malam yang spesial di mana struktur kuil dan dedaunan di sekitarnya yang diterangi cahaya menjadikan tampilan yang memukau. Keindahan kuil ini makin terlihat saat sakura bermekaran di musim semi, dan juga mmusim gugur dengan berbagai macam daun berwarna-warni.

Iluminasi musim gugur selalu menjadi acara yang sangat dinanti-nantikan karena terjadi saat dedaunan musim gugur berada di puncaknya, di mana pepohonan disinari dengan deretan daun berwarna merah dan emas yang becahaya.

Untuk iluminasi musim gugur tahun ini, Kuil Kiyozumi-dera akan dibuka hingga pukul 21:30 (masuk terakhir pukul 21:00) mulai dari tanggal 18 November hingga 30 November. Tahun lalu, menjelang Olimpiade Tokyo yang baru saja selesai, kuil  sempat ditutup untuk proses renovasi, dan lampu musim semi awal tahun ini harus dibatalkan karena masalah Covid-19. Jadi ini adalah waktu yang tepat untuk datang menikmati keindahan bangunan kuno yang kini berusia lebih dari 1.200 tahun tersebut.

Selain penerangan di halaman kuil dan taman Jojuin, Kiyozumi-dera juga akan menyinari sinar biru terang ke langit malam untuk melambangkan belas kasih Kannon, dewi belas kasih yang diabadikan di kuil. Biaya masuk yang dikenakan kepada semua pengunjung adalah sebesar 400 yen untuk dewasa dan 200 yen untuk anak-anak.

Kiyomizu-dera sendiri terletak di sebelah timur kota Kyoto dan dianggap sebagai kuil bersejarah yang didirikan pada tahun 778, dan sejak pertama kali didirikan, kuil ini sudah beberapa kali terbakar.  Sebagian besar bangunan yang ada sekarang dibangun oleh Shogun Tokugawa pada awal periode Edo (1631 – 1633). Aula utama atau Hondo dari kuil ini dijadikan sebagai aset nasional.

Kuil ini juga punya beberapa spot kultural penting, meliputi Gerbang Deva, Gerbang Barat, Pagoda 3 Tingkat, dan Lonceng Menara. Pada tahun 1994, Kuil Kiyomizu-dera didaftarkan menjadi salah satu daftar warisan budaya dunia UNESCO dan menjadi Monumen Bersejarah Kuno Kyoto.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS