page hit counter
Kota Mataram Himpun Denda Tak Pakai Masker Belasan Juta Rupiah

Kota Mataram Himpun Denda Tak Pakai Masker Belasan Juta Rupiah

Berita Mataram – Sejak pemberlakuan denda bagi siapa saja yang kedapatan melakukan aktifitas di tempat umum di Kota Mataram tanpa mengenakan masker mulai tanggal 14 September hingga 3 November 2020, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mataram berhasil menghimpun dana dari hasil denda sebesar Rp16,79 Juta.

Dana dari hasil denda tersebut didapatkan melalui razia yang dilaksanakan oleh Satpol PP Kota Mataram sejak tanggal 14 September hingga 3 November 2020. Denda tersebut merupakan pelaksanaan Peraturan Wali Kota Mataram Nomor 34/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19, yang merupakan turunan dari Perda Provinsi NTB Nomor 7/2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular.

Terkait dengan peruntukan uang dari hasil denda tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Tibumtranlinmas Satpol PP Kota Mataram M Israk Tantawi Jauhari menjelaskan bahwa uang hasil denda sebesar Rp16,9 Juta tersebut telah disetorkan ke kas daerah, kata beliau seperti dilansir dari Antara News. Sesuai dengan regulasi tersebut, sanksi denda bagi masyarakat umum yang tidak menggunakan masker di fasilitas umum yakni sebesar Rp100 ribu sedangkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu sebesar Rp200 ribu.

Sesuai data yang diperoleh dari Satpol PP Kota Mataram, total pelanggaran yang terjadi di Kota Mataram hingga 3 November 2020 sebanyak 504 pelanggaran, dengan perincian 421 orang laki-laki dan 83 orang perempuan yang melanggar dimana 16 orang diantaranya merupakan ASN. Dari total 504 orang yang mendapatkan sanksi tersebut, sebanyak 177 orang mengambil sanksi administrasi, sedangkan 327 orang mengambil sanksi kerja sosial.

Dari data tersebut, sebagian besar masyarakat yang terkena sanksi memilih untuk melakukan kerja sosial. Hal tersebut karena mereka mengaku tidak memiliki uang untuk membayar denda.

CATEGORIES
TAGS
Share This