page hit counter

Komisi III DPR Minta Polres Mandalika Segera Diwujudkan

MATARAM-Pembentukan Polres Mandalika yang dirancang Polda NTB mendapat dukungan berbagai pihak. Termasuk dari DPR RI.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengatakan, Polres Mandalika dapat menunjang pengamanan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Keberadaan polres tersebut dapat memberi rasa aman di kawasan tersebut sehingga berdampak positif bagi pariwisata. ”Makanya kami dukung penuh pembentukannya,” kata Herman saat melakukan kunjungan kerja bersama rombongan Komisi III DPR RI di Mapolda NTB, Jumat (10/9).

Apalagi pertengahan November nanti bakal dihelat World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika. Dilanjutkan MotoGP tahun 2022. Sehingga pengamanan di kawasan tersebut harus berkesinambungan. “Bukan hanya pada saat pelaksanaan event berkelas internasional saja,” kata anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan itu.

Dia meminta Polda NTB segera mengajukan draf nomenklaturnya ke Mabes Polri. ”Kami dari dewan mendukung penuh pembentukannya,” katanya lagi.

Herman mengatakan, tidak mudah menyelenggarakan event internasional. Tantangannya cukup berat. ”Pengamanan harus maksimal. Karena ini menyangkut marwah negara kita di dunia internasional,” tegasnya.

Dalam kunjungannya, Herman bersama rombongan mendengarkan paparan Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal terkait program yang dijalankan di NTB. Mulai dari penanganan Covid-19, penyelesaian lahan KEK Mandalika, hingga persiapan pengamanan di KEK Mandalika. ”Menurut saya, apa yang dilakukan kapolda ini sudah melebihi tugas dan fungsinya. Berbagai terobosan telah dilakukan. Menggandeng seluruh stakeholder di NTB,” pujinya.

Saat ini, persoalan lahan KEK Mandalika sedikit lagi klir. Penyelesaian lahan dilakukan secara persuasif dan humanis. ”Penyelesaian lahan KEK Mandalika berjalan dengan tetap menjaga kondusivitas. Tanpa ada pertumpahan darah,” kata dia.

Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, usulan pembentukan Polres Mandalika tinggal diekspose di Mabes Polri. Dukungan Komisi III DPR RI membuat kapolda semakin optimis Polres Mandalika bisa terwujud. ”Apalagi ada dukungan dari DPR RI,” kata Iqbal.

Dia menerangkan, nomenklatur pembentukan polres tersebut sudah klir. Tinggal pematangan persiapan menuju proses ekspose. ”Sudah kita matangkan berkas untuk proses eksposenya,” ujarnya.

Dia berharap, pembentukan Polres Mandalika bisa memberikan dampak positif untuk perkembangan kawasan wisata Mandalika. Karena polres tersebut fokus menjalankan program pemeliharaan kamtibmas. ”Keamanan menjadi hal yang utama di kawasan wisata Mandalika,” tandasnya. (arl/r1)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS