page hit counter
Kisah Sukmawati izin ke Megawati untuk peluk Hindu: Kirim surat karena susah ditemui

Kisah Sukmawati izin ke Megawati untuk peluk Hindu: Kirim surat karena susah ditemui

Sukmawati Soekarnoputri. Foto: Instagram

Putri Presiden Pertama Indonesia, Sukmawati Soekarnoputri telah resmi memeluk agama Hindu sejak hari ini, Selasa 26 Oktober 2021. Dia resmi jadi pemeluk Hindu usai menjalani upacara Sudhi Wadani di Bale Agung, Singaraja, Bali.

Usai prosesi Sudhi Wadani dan persembahyangan selesai, Sukmawati memberikan keterangannya. Salah satu yang disampaikan adalah terkait kisahnya saat meminta izin kepada pihak keluarga, ketika dia ingin secara resmi menjadi penganut Hindu.

Sukmawati menuturkan, dia meminta izin kepada saudara-saudaranya, Guntur dan Guruh Soekarnoputra, hingga Megawati Soekarnoputri.

Guntur dan Guruh menjadi sosok awal yang dimintai izin oleh Sukmawati. Tidak ada penolakan dari keduanya terkait keputusan Sukmawati.

“Saya bilang sama Mas Guntur, abang saya, ‘Mas, saya mau pindah agama lah jadi Hindu.’ Kemudian kepada Guruh saya juga bilang. (Dijawab) ya silakan saja. Semuanya sih silakan saja gitu kan. Itu kan pilihan pribadi masing-masing,” ujar Sukmawati dalam keterangannya kepada wartawan.

Sukmawati upacara ritual
Sukmawati saat menjalani ritual Hindu. Foto: Instagram @aryawedakarna

Setelah dapat izin dari kakak-kakaknya, barulah Sukmawati meminta izin kepada anak-anaknya. Lagi-lagi, Sukmawati tidak mendapat penolakan terkait keinginannya itu.

“Silakan saja kalau ibu mau pindah agama, kita dukung maunya ibu,” cerita Sukmawati menyebutkan jawaban anak-anaknya.

Setelah mengantongi izin dari Guntur dan Guruh Soekarnoputra, serta anak-anaknya, barulah Sukmawati meminta izin kepada saudarinya, Megawati Soekarnoputri.

Namun, Sukmawati sulit untuk menemui Megawati. Bahkan, dia harus mengirim surat kepada Ketua Umum PDIP tersebut.

“Saya permisi (ke Megawati), saya beri tahu saya mau pindah agama, mau kembali ke agamanya Eyang Putri, gitu, ya silakan saja, semua jawabannya gitu. Jadi enggak ada penolakan, semuanya bisa dimengerti,” kata Sukmawati.

Puluhan tahun pelajari kita suci Hindu

Keluarnya Sukmawati Soekarnoputri dari agama Islam dan pindah ke Hindu belakangan memang menjadi perhatian masyarakat banyak. Sukmawati sendiri ternyata sudah sejak lama mempelajari kitab suci Hindu, bahkan disebutkan sudah puluhan tahun dia mempelajarinya.

Bukan hanya itu, putri mantan Presiden Soekarno tersebut juga kerap bertemu pemuka agama Hindu untuk memahami lebih dalam kepercayaan tersebut. Selain itu, Sukmawati juga sudah melakukan sembahyang dengan sarana Hindu selama ini.

Sukmawati Soekarnoputri
Sukmawati Soekarnoputri

“Beliau ini suka dengan Hindu dan Bali. Selalu meminta datang ke pura, udah puluhan tahun ini suka membaca kita suci Hindu. Dia juga suka berdiskusi dengan para biksu, para pendeta-pendeta, pemangku kami,” kata Kepala Soekarno Center, Arya Wedakarna beberapa waktu lalu.

“Beliau juga sehari-hari sembahyangnya menggunakan sarana Hindu. Mungkin 2021 baru beliau mendapatkan petunjuk spiritual untuk bisa masuk ke agama Hindu,” lanjutnya.

Arya juga mengatakan bahwa Hindu bukanlah kepercayaan yang asing bagi Sukmawati. Sebab, ibunda Soekarno atau eyangnya merupakan penganut agama tersebut.

“Pindahnya Sukmawati ke agama Hindu merupakan haknya untuk bisa kembali ke agama leluhurnya,” ujar Arya.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS