counter hit make
Review  

Ketahui Tentang Asuransi Mobil All Risk

Anda ingin membeli asuransi mobil ? Apakah Anda sudah menentukan layanan asuransi mobil tipe apa yang akan anda beli ?

Perusahaan asuransi mobil memberikan dua tipe layanan asuransi mobil yaitu layanan asuransi comprehensive atau biasa dikenal all risk dan total loss only (TLO). Kedua tipe layanan asuransi ini menawarkan fitur layanan yang berbeda. Anda perlu memahami terlebih dahulu tipe layanan yang akan Anda beli, agar asuransi yang anda beli sesuai dengan kebutuhan anda. Tipe layanan asuransi All risk menjamin untuk melindungi mobil anda dari resiko lecet hingga kehilangan, berbeda halnya dengan tipe layanan TLO yang hanya menjamin ganti rugi dengan syarat kerusakan lebih dari 75%  dan kehilangan. Perbedaan jaminan dari tipe layanan yang diberikan maka terdapat perbedaan jumlah premi yang harus dibayarkan.

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi Mobil All Risk

Memilih tipe layanan asuransi yang terbaik dan tepat sesuai kebutuhan tidaklah mudah.  Banyak orang yang merekomendasikan tipe layanan asuransi all risk karena dianggap lebih menguntungkan, namun anda tetap harus melakukan pertimbangan tipe layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang anda miliki.Pada artikel ini kami akan membagi informasi khusus tentang layanan asuransi all risk. Terdapat beberapa hal yang patut anda pahami sebelum memilih layanan tall risk untuk mobil anda.

Tidak mengjamin terhadap semua resiko

Banyak orang yang beranggapan bahwa tipe layanan asuransi all risk menjamin untuk melindungi mobil dari semua resiko yang bisa saja menimpa mobil anda. Anda perlu mengetahui ternyata terdapat beberapa resiko yang tidak di cover oleh asuransi tipe ini. Anda perlu memastikan terlebih dahulu jangkauan perlindungan apa saja yang dapat dicover dan tidak dapat dicover perusahaan asuransi dengan layanan tipe all risk, jangan sampai anda memiliki perbedaan persepsi yang akhirnya membuat anda kecewa.

Biaya premi yang ditanggung

Sebelum membeli asuransi mobil pastinya anda sudah menyiapkan dana untuk keperluan ini. Seperti penjelasan diatas bahwa jumlah premi yang ditanggung sesuai dengan layanan yang diberikan, tentunya ada perbedaan jumlah premi yang ditanggung dengan layanan asuransi all risk dan TLO. Salah satu kelemahan tipe layanan asuransi all risk yaitu biaya premi yang ditanggung lebih mahal, dengan kisaran 2,5% sampai 3,5% dari harga mobil pertahunnya, namun keuntungan yang anda terima tentunya sepadan dengan yang anda bayarkan. Jumlah premi tersebut dua kali lebih mahal jika dibandingkan dengan jumlah premi asuransi TLO.

Pahami tentang biaya own risk (OR)

Pada umumnya perusahaan asuransi akan membebankan biaya own risk yang harus dibayarkan oleh pengguna (client) karena kerusakan mobil yang disebabkan karena kesalahan atau kelalalian pribadi. Jadi ketika mobil anda mengalami kerusakan akibat kelalalain pribadi akan dikenakan biaya own risk misalkan sekitar Rp 500, maka asuransi akan menanggung biaya sisa yang diperlukan.

Pahami pengecualian asuransi

Tidak semua hal dicover oleh asuransi, terdapat beberapa resiko yang tidak ditanggung oleh asuransi. Contohnya seperti kerusakan yang disengaja, maka pihak asuransi tidak akan menanggung biaya perbaikan kerusakan mobil yang disengaja. Berdasarkan hal seperti ini anda perlu memahami hal apa saja yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

Beberapa hal diatas yang bisa jadi bahan pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan asuransi tipe all risk. Anda juga perlu memperhatikan syarat dan ketentuan secara detail agar tidak mengalami penyesalan di kemudian hari.