page hit counter
Kerap bicara agama, Dudung diyakini layak jadi presiden 2024

Kerap bicara agama, Dudung diyakini layak jadi presiden 2024

KSAD Jenderal Dudung saat tausiyah di masjid Jayapura. Foto: Ist.

Pengamat politik nasional yang menjabat sebagai Direktur Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto memiliki pandangan berbeda tentang Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman. Menurutnya, di balik pernyataan kontroversialnya, sebenarnya Dudung merupakan pemimpin hebat yang layak menjadi presiden.

Diketahui, Dudung merupakan sosok yang belakangan tengah disorot pemuka agama Islam dan masyarakat umum. Sebab, pernyataannya mengenai Tuhan bukan orang Arab dan ‘agama tak perlu didalami’ dirasa berlebihan dan tak sesuai dengan tupoksinya sebagai prajurit TNI.

Meski demikian, menurut Hari, Dudung sebenernya sosok yang punya visi kebangsaan dan sangat memahami situasi negara. Saat ini, di tengah krisis ideologi yang melanda Indonesia, Dudung patut dipertimbangkan menjadi pemimpin negara.

“Jenderal Dudung layak menjadi Presiden tahun 2024 karena visi kebangsaannya. Jenderal Dudung juga figur militer saat ini yang sangat memahami situasi di mana Indonesia sedang krisis ideologi Pancasila,” ujarnya pada wartawan, dikutip Hops, Kamis 9 Desember 2021.

Jenderal Dudung Abdurachman
Jenderal Dudung Abdurachman. Foto tniad.mil.id

Hari berpendapat, Dudung lebih berpeluang ketimbang para seniornya yang lebih dulu aktif di dunia perpolitikan Tanah Air. Sebab, sosok-sosok seperti Moeldoko, Gatot Nurmantyo, Wiranto, dan Agus Harimurti Yudhoyono secara kapasitas belum sebaik tokoh tersebut.

Lebih jauh, Hari menganalisis, bahwa Dudung tak pernah membenci Islam, maupun kelompok muslim tertentu. Dudung menurutnya hanya mau mengingatkan pentingnya waspada terhadap aksi radikalisme di Indonesia.

“Beliau hanya mengingatkan bahaya dari paham Islam radikal. Sepertinya Jenderal Dudung ingin mengingatkan kita semua tentang ancaman itu,” jelasnya.

Jenderal Dudung dan KH Said Aqil
Jenderal Dudung dan KH Said Aqil. Foto tniad.mil.id

Kemampuan menjaga keutuhan NKRI dari ancaman bahaya yang muncul dari dalam, nampaknya menjadi standing point Dudung. Itulah mengapa, Hari yakin, dia menjadi sosok yang dibutuhkan bangsa.

“Saat ini dan mendatang, Indonesia butuh sosok Jenderal yang tegas kepada siapa saja yang mengancam keutuhan NKRI, dan Jenderal Dudung adalah figur militer yang paling tepat menjadi Presiden RI,” terangnya.

Mengingat pemilihan presiden berikutnya hanya menyisakan 2 tahunan lagi, dia berharap, rakyat bisa mempertimbangkan Dudung sebagai pemimpin negara berikutnya.

“Patut dipertimbangkan sosok Jenderal Dudung menjadi calon pemimpin bangsa di 2024,” kata dia.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS