page hit counter

Kenali Apa Itu Surat Perjanjian Jual Beli Mobil dan Fungsinya

Surat perjanjian jual beli mobil merupakan salah satu kelengkapan dokumen yang wajib Anda terima saat menjual ataupun membeli mobil bekas Anda. Selain memperhatikan fungsi dari mobil, garansi hingga perawatan mobil. Anda juga perlu memperhatikan keabsahan dokumen yang Anda terima, apalagi jika Anda melakukan pembelian mobil bekas secara kredit

Penggunaan surat perjanjian jual beli mobil tersebut bertujuan agar Anda terhindar dari segala potensi konflik ataupun penipuan yang mungkin terjadi saat proses transaksi jual beli berlangsung. Yuk, simak dan pelajari lebih lanjut apa isi dari surat perjanjian jual beli mobil itu. 

cara-buat-surat-perjanjian-jual-beli-mobil

Kenali Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Surat perjanjian jual beli mobil pada dasarnya merupakan sebuah dokumen yang dibuat untuk keperluan transaksi jual beli mobil, khususnya saat membeli mobil bekas. Surat perjanjian ini harus disepakati dan dipatuhi oleh kedua belah pihak tanpa terkecuali. Biasanya juga menggunakan materai untuk proses penandatanganannya. 

Fungsi Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Mengapa surat perjanjian jual beli mobil ini sangat penting untuk dibuat dengan hati-hati? Dengan mencantumkan hal-hal penting mulai dari data diri hingga berbagai pernyataan, ini tentunya dapat melindungi Anda dari berbagai masalah seputar hak milik hingga pembayaran pajak di kemudian hari terutama pajak progresif kendaraan. 

  • Untuk menghindari penipuan bagi kedua belah pihak dalam proses transaksi jual beli mobil.
  • Sebagai jaminan dari pihak yang menjual bahwa kondisi mobil masih bagus dan sesuai dengan perjanjian.
  • Untuk memberikan kejelasan terkait dengan pemindahan hak serta kewajiban untuk kepemilikan mobil.
  • Untuk menghindari terjadinya konflik atau komplain yang diajukan dari pihak pembeli agar tetap mengacu ke perjanjian yang sudah disepakati.
  • Untuk menjelaskan secara detail terkait dengan kondisi dokumen-dokumen kendaraan apakah masih lengkap atau tidak.
  • Untuk menerangkan spesifikasi mobil yang dijual secara detail agar sesuai dengan yang tertera pada surat perjanjian.
  • Untuk menjelaskan metode pembayaran yang digunakan saat transaksi berlangsung (tunai, kredit, over kredit, dan metode pembayaran lainnya).

Informasi yang Harus Ada dalam Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Surat perjanjian jual beli mobil wajib dimiliki untuk kejelasan transaksi antara kedua belah pihak. Untuk itu kelengkapan data diri hingga hal-hal terkait yang dapat Anda:

  • Identitas dan data diri dari pihak pertama (penjual mobil).
  • Identitas dan data diri dari pihak kedua (pembeli mobil).
  • Identitas serta spesifikasi detail mobil yang akan dijual.
  • Penjelasan detail terkait dengan metode pembayaran yang akan digunakan.
  • Penjelasan detail terkait dengan proses untuk balik nama mobil.
  • Pencantuman tanggal secara lengkap untuk kesepakatan transaksi jual beli mobil.
  • Penjelasan detail untuk jumlah biaya yang dibayarkan.
  • Penjelasan terkait dengan kesepakatan antara kedua belah pihak apabila terdapat poin pada perjanjian yang tidak bisa dipenuhi.
  • Pernyataan secara sadar serta tanpa paksaan dalam proses penandatanganan perjanjian jual beli mobil.
  • Pembubuhan tanda tangan dari kedua belah pihak diatas materai.

Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Menjual mobil memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan bagi setiap orang. Apalagi jika Anda baru pertama kali ingin menjual mobil. Jadi, sebaiknya persiapkan dengan baik dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai tanda bukti kepemilikan. Nah, berikut contoh membuat surat perjanjian jual beli mobil yang bisa dipersiapkan. 

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI MOBIL

Pada tanggal 24 Mei 2021 telah diadakan perjanjian jual beli mobil dimana Pihak Pertama telah menjual kepada Pihak Kedua. Kami yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                         : Michael
Pekerjaan                  : Wiraswasta
Alamat                       : Jalan Puri Indah No. 31 Jakarta Barat
Nomor Identitas      : 00871234379
Telepon                      : 081311548750

 Dalam hal ini bertindak sebagai penjual mobil atau disebut sebagai Pihak Pertama.

Nama                         : Christian Martin
Pekerjaan                  : Pegawai Swasta
Alamat                       : Jalan Pegangsaan Raya No. 24 Jakarta Barat
Nomor Identitas      : 17325983309
Telepon                     : 089812394389

Dalam hal ini bertindak sebagai pembeli mobil atau di sebut sebagai Pihak Kedua.

Dengan surat ini kedua belah pihak menerangkan bahwa Pihak Pertama ingin menjual mobil kepada Pihak Kedua berupa 1 buah unit mobil Honda Brio dimana syarat dan ketentuannya diatur dalam 8 (delapan) pasal berikut di bawah ini:

PASAL 1

Pihak Pertama menjual 1 buah unit mobil Honda Brio kepada Pihak Kedua dan Pihak Kedua telah sepakat untuk membeli mobil tersebut dengan harga sebesar Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah) dengan spesifikasi sebagai berikut:

Tahun Pembuatan   : 2021
Nomor Polisi             : B 2467 BRJ
Nomor BPKB            : 7312309136829
Nomor Rangka         : 6357272
Nomor Mesin            : 00832
Warna                         : Hitam
Kondisi Mobil           : Baik

PASAL 2

Kepindahan kepemilikan beserta suratnya akan diserahkan jika mobil tersebut sudah dibayar dengan lunas. Segala keuntungan dan kerugian maupun resiko atas mobil tersebut, mulai saat ini akan menjadi tanggung jawab Pihak Kedua.

PASAL 3

Pihak Kedua menerapkan cara pembayaran dengan syarat dan ketentuan yang juga telah disepakati Pihak Pertama, yaitu:

Ayat 1

Pembayaran uang tunai sebesar Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah) yang dibayarkan Pihak Kedua setelah penandatanganan surat perjanjian ini.

 PASAL 4

 Selama dalam pemakaian dan penjagaannya, Pihak Kedua bertanggung jawab penuh atas kendaraan. Apabila terjadi kerusakan, Pihak Kedua diharuskan memperbaiki atau mengeluarkan ongkos biaya atas kerusakan yang diderita Kendaraaan tersebut sehubungan dengan pemakaiannya. Apabila terjadi kehilangan, Pihak Kedua tetap diharuskan membayar kekurangan pembayarannya.

  PASAL 5

 Semua beban pajak, maupun balik nama mobil, sepenuhnya akan ditanggung oleh Pihak Kedua. Serta biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan perjanjian ini merupakan tanggungan yang harus dibayar oleh Pihak Kedua.

 PASAL 6

 Hal-hal yang belum tercantum dalam perjanjian ini akan diselesaikan secara kekeluargaan atau musyawarah untuk mufakat oleh kedua belah pihak.

 PASAL 7

 Apabila terjadi perselisihan dan tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan atau musyawarah untuk mufakat, kedua belah pihak bersepakat untuk menyelesaikannya secara hukum.

 PASAL 8

 Surat perjanjian ini dibuat rangkap 2 (dua) dengan dibubuhi materei secukupnya yang berkekuatan hukum yang sama yang masing-masing dipegang Pihak Pertama dan Pihak Kedua dan mulai berlaku sejak ditandatangani kedua belah pihak.

Jakarta, 24 Mei 2021

 Pihak Pertama                                                                                     Pihak Kedua

(……………………………)                                                                          (……………………………)

Menjual Mobil Tidak Perlu Ribet! 

Menjual mobil bekas di Carsome sangat terpercaya, mudah dan cepat. Selain Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkan proses transaksi yang terlalu lama, Anda juga tidak perlu terlalu terbeban dengan pengurusan dokumen. Hal yang perlu Anda siapkan adalah siapkan dokumen penjualan mobil dengan lengkap seperti BPKB, STNK, faktur, fotokopi KTP hingga kwitansi. Hindari melakukan transaksi tanpa melalui platform karena jika ada masalah di kemudian hari, Anda tidak perlu sulit untuk melakukan pengajuan.

Di Carsome, Anda juga dapat melakukan tukar tambah. Fasilitas tukar tambah mobil bekas dengan mobil bekas berkualitas di Carsome sangat nyaman. Carsome memberikan garansi uang kembali dalam 5 hari jika Anda menemukan hal yang kurang sesuai dengan ketentuan awal. *s&k berlaku 

Baca juga: Apa Itu Airbag pada Mobil, Fungsi dan Cara Kerjanya

The post Kenali Apa Itu Surat Perjanjian Jual Beli Mobil dan Fungsinya appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS