page hit counter

Kemenag Mataram Lantik Enam Kepala Madrasah

MATARAM – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Muhammad Amin melantik enam Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri  (MTsN) dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Mataram, Kamis (10/6). Sebanyak lima kepala madrasah dirotasi dan 1 orang mendapat promosi jabatan.

Kepala Kemenag Kota Mataram H Muhammad Amin menyatakan bahwa kepala madrasah yang dilantik sudah melalui seleksi sangat ketat yang diseleksi langsung oleh Kakanwil Kemenag NTB. Oleh karena itu, kepala madrasah yang baru dilantik ini jangan menyia-nyiakan kepercayaan yang sudah diberikan pimpinan dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan madrasah.

“Jangan sia-siakan kepercayaan, perlakukan amanah dengan baik dan ikhlas sesuai peraturan perundang-undangan,” kata Amin.

Dikatakan Amin, kepala madrasah harus memperhatikan dan memiliki kompetensi, yakni manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi supervisi. Kepala madrasah yang dilantik ini, menurut Amin sudah dianggap cakap dan memiliki kompetensi manajerial. Mulai satpam sampai dengan dapur harus bisa di manage dengan baik. Susah-susah gampang dan gampang-gampang susah. Sedang kompetensi teknis adalah sebagai SIM kepala madrasah, sehingga diangkat mampu mengelola proses pengajaran di madrasah.

Selain itu, kompetensi supervisi, di mana komptensi ini sering dilupakan oleh kepala madrasah, bahwa pimpinan wajib melakukan supervisi terhadap guru yang mengajar di kelas.

“Saya ingatkan agar kepala madrasah yang dilantik bekerja sama dengan pengawas untuk melakukan supervisi melihat kelebihan dan kekurangan guru di dalam kelas. Sehingga hal-hal baik bisa ditularkan kepada guru yang ada,” jelasnya.

Selain itu, Amin juga menekankan bahwa kepala madrasah agar membangun keterbukaan dan hubungan komunikasi yang baik dengan tenaga pendidik maupun staf yang ada, karena keberhasilan tidak akan bisa dicapai tanpa adanya kerja sama yang baik dan tidak lupa agar terus berinovasi.

Untuk diketahui, sejumlah kepala madrasah yang dilantik, diantaranya Kepala MTsN 1 Mataram Hj Rusniah kembali menjadi Kepala MTsN 1 Mataram, Sumber Hadi, sebelumnya Kepala MTsN 3 Lombok Barat menjadi Kepala MTsN 2 Mataram, H Marzuki, sebelumnya menjabat Kepala MIN 1 Mataram jabatan baru sebagai Kepala MTsN 3 Mataram, Henny Marlina, sebelumnya menjabat guru Madya pada MIN 1 Mataram jabatan baru sebagai Kepala MIN 1 Kota Mataram, H Ramli Yunus, sebelumnya menjabat Kepala MIN 3 Mataram digeser menjadi Kepala MIN 2 Kota Mataram dan Teddy Rusdi, sebelumnya menjabat Kepala MIN 2 Kota Mataram jabatan baru Kepala MIN 3 Kota Mataram.

“Inilah kepala madrasah yang baru dilantik, ada yang digeser dan juga promosi,” katanya. (adi)

The post Kemenag Mataram Lantik Enam Kepala Madrasah appeared first on Portal Berita Harian Radar Lombok.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS