page hit counter
Kasus Jagung: Kejati NTB Kembali Panggil Tersangka AP 

Kasus Jagung: Kejati NTB Kembali Panggil Tersangka AP 

MATARAM-Kejati NTB memberikan kesempatan selama 10 hari kepada AP (inisial, Red), tersangka korupsi pengadaan benih jagung tahun 2017, untuk menjalani isolasi mandiri.  Itu setelah direktur PT SAM tersebut dinyatakan positif Covid-19, Kamis (20/5/2021).

“Kita akan panggil lagi tersangka setelah 10 hari menjalani masa isolasi,” kata Kajati NTB Tomo Sitepu, Minggu (30/5/2021).

Karena sudah lebih dari 10 hari menjalani isolasi mandiri di Fizz Hotel, AP bakal dipanggil kembali pekan ini. Surat panggilan sudah disiapkan Kejati NTB.  “Pemanggilan dilakukan untuk pemeriksaan,” kata Tomo.

Sebelum diperiksa, Kejati NTB tetap akan melakukan tes swab terlebih dahulu. Memastikan AP tidak terpapar Covid-19. “Mudahan tidak dinyatakan positif lagi, agar berkas penyidikannya lebih cepat selesai,” harapnya.

Tomo mengatakan,  AP sudah lebih sebulan terpapar Covid-19. Empat kali swab hasilnya positif. Pemanggilan pertama dan kedua dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan surat keterangan dari Rumah Sakit Harapan Keluarga.

Panggilan ketiga dinyatakan positif setelah menjalani swab di RSUD Kota Mataram. Terakhir, AP masih positif setelah menjalani tes swab di RSUD Provinsi NTB. “Kalau masih positif lagi,  pemeriksaan bisa saja ditunda,” ujarnya.

Diketahui, AP ditetapkan sebagai tersangka bersama mantan kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) NTB berinisial HF, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) berinisial IWW, dan Direktur PT WBS berinisial LIH. Tiga tersangka HF,  IWW, dan LIH sudah ditahan dan dititipkan penahanannya di ruang tahanan Polda NTB.

Pengadaan benih jagung yang dijalankan para tersangka menelan anggaran Rp 48 miliar dengan dua tahap pekerjaan.  Tahap pertama dikerjakan PT SAM menghabiskan anggaran Rp 17 miliar.  Tahap kedua dikerjakan PT WBS dengan anggaran Rp 31 miliar.  Berdasarkan perhitungan jaksa kerugian negara mencapai Rp 15,42 miliar. (arl/r1)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS