page hit counter

Kampas Rem Mobil Habis, Ini Tanda Harus Ganti Kampas Rem!

Ganti kampas rem mobil menjadi suatu hal yang wajib. Mengapa? Kampas rem mobil sendiri adalah komponen yang penting dalam sistem pengereman yang wajib Anda kenali dan perhatikan kondisinya. Kampas rem berada di dekat roda, kampas rem ini memiliki fungsi yang sangat krusial pada pengereman mobil. Untuk mengetahui lebih lanjut fungsi dan kapan waktu yang tepat untuk ganti kampas rem, cari tahu selengkapnya disini!

ganti-kampas-rem-mobil

Ganti Kampas Rem Mobil Saat Merasakan Hal Ini!

Adapun ciri ciri kampas rem mobil yang mulai habis seringkali mempengaruhi rem tromol. Untuk melihatnya secara langsung tentu tidak mudah dikenali. Hal ini dikarenakan diperlukan pembongkaran untuk mengetahui kondisi tersebut. Akan tetapi, kondisi dari kampas rem yang sudah habis dan perlu diganti dapat ditandai dengan beberapa kondisi ini: 

1. Rem Kurang Responsif 

Pertama adalah memiliki tarikan yang dalam. Salah satu tanda yang terlihat sangat jelas adalah ketika tarikan dilakukan. Ketika pedal rem diinjak terasa sangat dalam, maka hal ini sebagai pertanda bahwa kampas rem telah habis atau menipis. Hal ini juga berlaku ketika responsivitas berkurang saat menarik rem tangan mobil.

2.Permukaan Roda Menipis 

Ketika kampas rem mulai menipis, tentunya jarak antara permukaan roda dan juga permukaan rem pun akan semakin nampak jauh. Tentunya kondisi satu ini sangat tidak baik. Sebab, ketika rem diinjak akan  terasa semakin dalam dan jauh.

Apabila kamu mengalami hal serupa, ada baiknya segera menuju ke bengkel terdekat atau langganan. Dan mintalah untuk mengecek kampas rem dan melakukan penggantian. Sebab, apabila kamu membiarkannya terlalu lama, hal ini akan membuat kerusakan pada sistem pengereman. Ini dia alasan mengapa kerap kali Anda merasakan ban mobil depan kurang stabil bahkan bergoyang-goyang. 

3.Timbul Gesekan 

Selanjutnya, ciri yang lain adalah adanya bunyi gesekan. Ketika kamu mendapati mobil sering berdecit, terutama ketika mengerem ada baiknya segera ke bengkel. Sebab, kampas rem yang habis tentunya akan mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan.

Melakukan pengecekan kampas rem pada mobil secara berkala adalah salah satu hal yang wajib kamu lakukan. Sebab, dengan mengeceknya secara rutin, hal ini akan membuat mobil memiliki performa yang tetap bagus. Dengan begitu, kamu bisa berkendara dengan lebih aman.

4. Jarak Tempuh Mobil

Jarak tempuh mobil bisa menjadi patokan utama Anda untuk mengganti kampas rem mobil Anda. Jika kilometer mobil sudah mencapai 40.000 km, ada baiknya untuk meminta melakukan pengecekan pada kampas rem mobil. 

Namun, biasanya pada mobil transmisi otomatis justru cenderung membuat kampas rem mobil cepat habis dikarenakan mobil matic mengandalkan tarikan dan pengeraman apalagi saat macet. Jadi, jangan terlalu terpaku pada kilometer, namun ada baiknya merasakan dengan baik. 

5. Volume Minyak Rem 

Minyak rem yang berkurang  karena sudah berinteraksi dengan udara dan uap air bisa mengurangi fungsi kampas rem dengan baik. Kekurangan minyak rem juga bisa membuat komponen mobil seperti sil hingga rem menjadi macet dan rusak. Jadi selain kekurangan minyak rem itu merusak, ini juga bisa menjadi indikasi kampas rem sudah berkurang. 

Bacaan Terkait: Cara Test Drive Mobil Bekas Agar Tidak Kecolongan dan Rugi! Cara Kredit Mobil Bekas Mudah dan Aman! 20 Mobil yang Cocok untuk Anak Muda, Keren dan Ekonomis!

Fungsi Kampas Rem

Mengapa ganti kampas rem mobil menjadi hal yang perlu diperhatikan? Kehadiran kampas rem memang sangat penting untuk mobil agar dapat bekerja secara optimal. Kampas rem yang tidak diganti bisa menimbulkan percikan api pada gesekan besi. Efek yang dapat Anda rasakan sebagai pengemudi salah satunnya merasa setir atau roda mobil depan bergetar atau bergoyang. Jadi ini dia fungsi kampas rem yang perlu Anda kenali: 

1. Mampu Melintasi Berbagai Medan Dengan Mudah

Salah satu fungsi penting yang dimiliki kampas rem adalah memudahkan kamu untuk melintasi berbagai medan dan juga jalanan dengan mudah. Untuk itu, ketika kamu mengemudi di jalanan yang cukup sulit, inilah saat kampas rem berfungsi.

Saat melewati jalan yang menanjak dan menurun, sistem pengereman yang tepat pastinya akan sangat kamu butuhkan. Dengan adanya kampas rem ini, waktu kamu berada di jalanan yang menanjak, komponen ini akan mampu menahan laju pada mobil.

Terutama ketika jalanan sedang ramai ramainya maka komponen ini pun berperan untuk membuat akselerasi pada mobil menjadi menurun. Hal ini juga berlaku ketika kamu melewati jalan turunan. 

Dengan adanya kampas rem mobil akan mampu membuat mobil menjadi lebih terkendali dengan sempurna. Sebab, ketika kamu melewati jalanan yang menurun, pastinya kamu pun akan sering menggunakan rem dan menginjak pedal.

2. Rem Bisa Lebih Mudah Diatur

Selain itu, fungsi penting lainnya yang dimiliki oleh kampas rem adalah mampu membuat pengaturan pada rem menjadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan kampas rem nantinya akan berguna untuk membuat kinerja saat mengerem menjadi lebih baik.

Komponen ini akan sangat bermanfaat apabila mobil melaju dalam kondisi yang sangat cepat. Kemudian, anda pun ingin berhenti secara tiba tiba. Ketika kondisi tersebut terjadi, maka sistem pengereman akan sangat dibutuhkan untuk membuat mobil menjadi berhenti.

Tak hanya itu saja, dengan adanya kampas rem mobil ini akan membuat kecepatan pada kendaraan roda empat ini menjadi ikut terpengaruh. Tentunya sebagai pengemudi, kamu pun pastinya menginginkan jenis kendaraan dengan sistem pengendalian yang mudah.

Oleh karena itu, dengan adanya kampas rem ini akan menjadi salah satu jawaban yang bisa kamu dapatkan. Sebab, komponen satu ini akan mampu dikendalikan dengan mudah dan secara penuh.

Sehingga, dengan menggunakan kampas rem ini, mobil akan jauh lebih bisa terkendali dan rem bisa diatur lebih mudah. Dengan begitu, nantinya tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari ketika kamu sedang berkendara.

3. Pengereman Pada Mobil Lebih Mudah

Selain berbagai macam fungsi yang telah disebutkan di atas, ada pula fungsi kampas rem mobil lainnya yang perlu kamu tahu. Fungsi utama nya adalah membuat sistem pengereman menjadi lebih mudah.

Dengan adanya kampas rem ini, akan membuat mobil bisa mengerem dengan lebih baik dan mulus. Apabila kamu melakukan pengereman secara mendadak, maka fungsi dari kampas rem ini akan mampu sebagai penolong untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Hal ini dikarenakan ketika kamu menekan rem, maka kampas rem ini akan menekan disc brake. Sehingga kondisi tersebut akan membuat ban mobil bisa berhenti secara perlahan, sesuai dengan keras atau tidak injakan yang kamu buat di pedal rem.

Jadi, gimana sudahkah Anda memperhatikan komponen pengereman pada mobil Anda dengan baik? Komponen ini sangat penting untuk dijaga dengan baik, karena ini dapat menimbulkan bahaya saat Anda berkendara. Sehingga, pastikan untuk selalu melakukan perawatan mobil atau paling tidak rutin melakukan service secara berkala.

Tukar Tambah Mobil Bekas dengan Mudah di Carsome!

tukar-tambah-mobil-bekas-di-carsome

Jual beli mobil bekas di Carsome tidak perlu rumit! Semua proses dokumen hingga pencairan berlangsung dengan transparan tanpa biaya tambahan. Lakukan tukar tambah untuk mendapatkan mobil bekas yang lebih berkualitas. Carsome selalu melakukan proses inspeksi pada 175 titik sehingga tidak perlu khawatir dengan kondisi dan kualitas mobil bekas Carsome! 

Baca juga: 31 Mobil Kecil Murah Harga 100 Jutaan

The post Kampas Rem Mobil Habis, Ini Tanda Harus Ganti Kampas Rem! appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS