page hit counter
Kadis Dikbud NTB Apresiasi Kegiatan Festival Musik Tradisi 2020

Kadis Dikbud NTB Apresiasi Kegiatan Festival Musik Tradisi 2020

Berita Mataram – Kegiatan Festival Musik Tradisi 2020 yang dilaksanakan oleh Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat secara resmi dimulai. Sebanyak delapan sanggar yang berasal dari Pulau Lombok dan Sumbawa mengikuti kegiatan tahunan tersebut. Kegiatan ini memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar 27 Juta Rupiah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Taman Budaya NTB, Lalu Manan memberikan laporan tentang pelaksaan kegiatan Festival Musik Tradisi Remaja 2020. Beliau menyebutkan meskipun kondisi saat ini masih diliputi pandemi Covid-19, namun Taman Budaya NTB tetap menjalankan kegiatan tahunan ini dengan memenuhi standar protokol kesehatan. Selain itu, dalam laporannya, Lalu Manan juga menyebutkan bahwa kegiatan ini telah mendapatkan izin dari Satgas Covid-19 dan juga Polres Kota Mataram.

Festival Musik Tradisi Remaja 2020 ini merupakan event tahunan berskala nasional, dimana setiap peserta yang menjadi juara di provinsi masing-masing akan mengikuti kompetisi tingkat nasional. Namun karena kendala pandemi, maka kegiatan kali ini tidak berlanjut sampai tingkat nasional. Namun pihak Taman Budaya NTB tetap memberikan penghargaan berupa uang pembinaan kepada beberapa sanggar terbaik yang terpilih masing-masing sebesar 5 Juta Rupiah.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, H Aidy Furqan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Taman Budaya NTB. Hal ini karena Taman Budaya NTB juga turut memfasilitasi kreatifitas para remaja di NTB khususnya di tengah pandemi saat ini. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memicu kinerja otak kreatif para remaja di NTB yang merupakan generasi Z.

Dalam pidatonya, H Aidy Furqan juga menjelaskan bahwa pengembangan nilai estetika melalui kegiatan seni merupakan Sunatullah, apalagi pada generasi saat ini sangat rentan terhadap pengaruh-pengaruh buruk yang bisa didapatkan dari manapun, terutama dari akses media yang sudah sangat terbuka dan bebas. Menurutnya, kegiatan-kegiatan kreatifitas seni dan budaya merupakan kombinasi dari tradisi masa lalu yang dikemas dengan menarik sehingga generasi saat ini dapat menerima dengan baik.

Kadis Dikbud NTB didampingi Kepala Taman Budaya NTB memberikan penghargaan kepada H. Ramiun.

Setelah memberikan sambutan, Kepala Dinas Dikbud NTB didampingi oleh Kepala Taman Budaya NTB secara resmi membuka event Festival Musik Tradisi Remaja 2020 ditandai dengan pemukulan gong. Lalu acara pun dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada salah satu tokoh seniman dan budayawan di NTB. Beliau adalah H. Ramiun yang merupakan seorang Maestro Seni Tradisi 2020 atas jasanya sebagai pemerhati dan pelaku seni tradisional Rudat.

CATEGORIES
TAGS
Share This